Proyeksikan Lima Rusunawa di Samarinda

PROKAL.CO, SAMARINDA – Pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Jalan Wangi, Bengkuring Raya, Kecamatan Samarinda Utara, segera dimulai. Proyek senilai Rp 6 miliar yang disokong APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu akan terlaksana di atas lahan pemkot seluas 3.000 meter persegi.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Samarinda Dadang Airlangga mengatakan, lahan lokasi pembangunan sudah dimatangkan. “Sudah siap. Persiapan pembangunan pun sudah terlihat di lokasi,” ucap dia.

Meski belum dibangun, pemkot sudah diminta daftar calon penghuni rusunawa itu kelak. Tentang itu, pihaknya akan menggunakan data para warga bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) yang akan direlokasi.

Pihaknya belum mendapatkan kejelasan seputar proses lelang proyek tersebut. Sebab, semua ditangani Kementerian PUPR. “Yang pasti tugas kami (menyiapkan lahan) sudah terpenuhi. Akan segera dibangun,” paparnya. Nantinya, rusunawa tersebut memiliki luas seperti rumah bertipe 36. Terdiri dari 6 tingkat dan 61 pintu.

Tidak hanya itu, mereka berencana kembali menyiapkan lahan dan daftar calon penghuni sebagai dasar untuk mengusulkan pembangunan rusunawa baru pada 2018. “Untuk lahan dan daftar tunggunya masih kami inventarisasi dulu,” ucap mantan kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) itu. Usulan itu akan mereka ajukan pada anggaran perubahan. “Kalau sudah disetujui kementerian, kemungkinan awal tahun depan sudah bisa lelang,” pungkasnya.

Kehadiran fasilitas tersebut nantinya menggenapi jumlah rusunawa di Samarinda. Untuk diketahui, kini sudah ada tiga rusunawa yang berdiri. Dua di antaranya berada di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang. Sedangkan satu lagi, berada di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir. (*/dq/ndy/k8)

Sumber : http://kaltim.prokal.co/read/news/299527-proyeksikan-lima-rusunawa-di-samarinda