Jangan Coba Mainkan Harga

Polres Kukar Bentuk Satgas Pengendali Sembako
jangan-coba-mainkan-harga
PROKAL.CO, TENGGARONG. Jelang Ramadan dan lebaran Idulfitri, Polres Kukar membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengendalian harga sembako. Selain memonitor pergerakan harga komoditi, Satgas mengantisipasi aksi penimbunan oleh oknum pedagang.
Hal itu ditegaskan Wakapolres Kukar Kompol Andre Anas dalam Rakor di Mapolres Kukar, Rabu (10/5) kemarin.
Menurut Andre, saat Ramadan, konsumsi masyarakat meningkat. Biasanya kondisi tersebut disusul lonjakan harga, yang dipicu berbagai faktor, seperti aksi penimbunan, membuat berkuranganya pasokan barang di pasar.
Hal itu yang nantinya menjadi fokus Satgas. “Kami berharap, dengan keberadaan Satgas ini, stok barang di pasar menjadi terkendali, sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang bebani konsumen,” ujarnya.
Selain melakukan pengawasan, Satgas diberi kewenangan melakukan penindakan kepada okum pedagang yang melanggar. Hal itu untuk memberi efek jera, agar tidak akan ada lagi pedagang yang melakukan penimbunan barang atau sengaja menaikan harga di luar kewajaran.
Langkah itu sangat penting, karena lonjakan harga dapat memicu gejolak sosial di masyarakat, termasuk meningkatnya tindak kriminaliatas.
“Setiap minggu, kami dari Polres Kukar telah melakukan pengecekan ditiap toko maupun pasar, untuk memonitor harga. Apabila ada kenaikan sekecil apa pun, kami akan mengembil tindakan,” katanya.
Satgas Pengendalian Harga Sembako juga akan mengecek kualitas barang konsumsi yang dijual. Seperti daging ayam akan dipastikan bebas dari formalin dan zat berbahaya lainya. Namun saat ini pembentukan masih sebatas usulan kepada Pemkab Kukar. Untuk itu diperlukan keputusan bupati buat merealisasikanya.
“Kami masih menunggu SK Bupati Berau dalam pemebentukan Satgas, sehingga dapat melakukan penindakan,” pungkasnya.(man/ama)
Sumber : http://samarinda.prokal.co/read/news/9092-jangan-coba-mainkan-harga.html