Pemkab Bangun Jembatan Bentang Panjang di Sebulu

Maket jembatan Sebulu Tenggarong Seberang.

TENGGARONG –Setelah jembatan Kukar selesai dibangun dan dapat di pergunakan untuk umum, kini pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berencana membangun jembatan dengan bentang panjang di Kecamatan Sebulu. Jembatan yang bentuknya akan menyerupai jembatan Guri Amsa yang ada di Korea itu akan di bangun awal tahun ini.

Prediksi penyelesaian jembatan akan memakan waktu 3 hingga 4 tahun mendatang. Jembatan ini akan mempermudah akses warga dari Tenggarong menuju wilayah kecamatan Sebulu dan Muara Kaman, serta wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Timur.

Perencanaan pembangunan jembatan Sebulu sudah masuk finalisasi Detail Engineering Design (DED) dan akan mulai dilakukan pembebasan lahan mulai tahun 2016 ini. Terang Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kukar, Ahyani Fadianur Diani.

Memiliki total panjang jembatan 600 meter dengan bentang tengah sepanjang 185 meter. Dengan demikian jembatan tersebut termasuk jembatan bentang panjang yang harus mendapatkan pengawasan dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum seperti jembatan Kartanegara.

\”Pembangunan jembatan ini akan menggunakan APBD Kukar. Pembangunannya direncanakan selama 3,5 tahun atau maksimal 4 tahun, dengan menghabiskan dana sekitar Rp 400 milyar khusus untuk jembatan saja, tidak termasuk bentang pendekat,\” terangnya.

Jembatan Sebulu telah dirancang khusus dari segi keamanannya, yakni jika salah satu kabel hanger atau kabel penggantungnya mengalami perlemahan hingga putus, hal itu tak akan mengganggu keseimbangan jembatan. \”Jembatan akan tetap kokoh meski ada satu kabel yang terlepas atau putus,\” demikian ujarnya. (HMS.DI.07)

Sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/read/news/2016/9968/pemkab-bangun-jembatan-bentang-panjang-di-sebulu.html#