Rita Harap Investor Tangkap Peluang Bisnis Pariwisata Kukar

Nyalakan Brong: Bupati Kukar Rita Widyasari saat menyalakan Brong atau obor besar menandai pembukaan Erau.(hmp03)

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengatakan dengan dilaksanakannya EIFAF tahun ini, akomodasi atau Hotel di Tenggarong hampir tak mampu menampung pengunjung dan tamu. “Hotel di Tenggarong terisi penuh, saya harap investor dapat menangkap peluang ini untuk menanamkan modalnya membangun akomodasi, atau usaha pariwisata lainnya,” ujar Rita daam sambutannya apada pembukaan EIFAF tersebut.

Rita juga optimistis pariwisata Kukar terus berkembang, salah satunya kerana berpartisipasinya tim folklore atau kesenian dari negara-negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF). Berpartisipasnya folklore CIOFF sejak Erau 2013 lalu merupakan upaya untuk menggaungkan Erau dan Kukar dalam kancah Internasional.

“EIFAF ini untuk melestarikan budaya daerah dalam pergaulan budaya antar bangsa, tim kesenian CIOFF akan menyampaikan kenegaranya masing-masing tentang bagaimana Erau dan Tenggarong, ini baik untuk pariwisata Kukar,” katanya. Erau merupakan agenda pariwisata daerah dan nasional, yang merupakan komitmen Kesultanan bersama Pemkab Kukar untuk menjunjung warisan tradisi, yang bermuara pada pengembangan pariwisata.

Menurut Rita hal itu juga merupakan salah satu upaya Pemkab untuk sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungan pada sumberdaya alam yang tak terbarukan. “Sektor pariwisata adalah merupakan salah satu strategi pembanguan Gerbang Raja, sehingga akan terus kami kembangkan,” demikian katanya. (hayru;hmp03)

sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/read/news/2014/8281/rita-harap-investor-tangkap-peluang-bisnis-pariwisata-kukar.html