Bupati: Sertifikat ISO Jangan Sekedar Pajangan

Amanat tingkatkan pelayanan: Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menyerahkan sertifikat ISO 9001:2008 kepada 12 Kabag di Setkab Kukar.(hmp03)

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari berpesan kepada 12 Kepala Bagian di Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, agar terus menjaga standar mutu pelayanan yang sudah diterapkan sehingga Setkab Kukar meraih ISO 9001:2008. “Sertifikat ISO ini jangan sekedar pajangan atau hiasan dinding kantor anda, tapi sebagai pelecut semangat untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan,” pesan Rita saat menyerahkan sertifikat ISO 9001:2008 kepada 12 Kabag di Setkab Kukar.

Rita mengatakan, meraih ISO bukan pekerjaan gampang, namun ISO tersebut bukan tujuan akhir, kerena tujuan yang sesungguhnya adalah bagaimana aparatur pemerintah selalu berfikir untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dengan acuan pelayanan berstandar Internasional.

Sertifikasi ISO 9001:2008 itu menurut Rita merupakan tekad Pemkab Kukar untuk melakukan perubahan manajemen pemerintah untuk memberikan pelayanan lebih baik. “Alqur’an menyebutkan Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, melainkan kaum itu sendiri yang berusaha merubahnya. Inilah yang kita lakukan di Setkab Kukar, kami berubah untuk maju,” ujarnya.

ISO 9001:2008 yang merupakan penghargaan atas manajemen mutu yang dilaksanakan Setkab Kukar, dianggap Rita adalah sebuah ujian. “Jangan sampai terlena dengan raihan ISO, ini adalah ujian bagi kita. Makanya manajmen mutu harus terus ditingkatkan, karena kita berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan,” imbaunya. Rita juga berharap SKPD lainnya yang berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat, contohnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus bersertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2015.

Sementara Menejer Bisnis PT SGS Indonesia Shashi Bhushan Jogan mengatakan, bahwa sertifikasi ISO 9001:2008 biasanya dilakukan oleh perusahaan swasta, sehingga sangat jarang dilakukan lembaga Pemerintah. “Sedikit sekali Pemerintah di Indonesia yang bersertifikat ISO 9001:2008 mungkin bisa dihitung dengan jari, jadi saya ucapkan selamat kepada Pemkab Kukar,” ujar Shashi kepada Bupati Rita. (hayru/hmp03).

sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/read/news/2014/8248/bupati-sertifikat-iso-jangan-sekedar-pajangan.html