Kukar Tuan Rumah Pertama

Kongres Pemuda Pelopor Nasional

JAKARTA – Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih sebagai tuan rumah Kongres Pemuda Pelopor Nasional yang pertama. Terpilihnya Tenggarong, ibu kota Kukar sebagai tuan rumah berdasarkan hasil silaturahmi Bupati Kukar Rita Widyasari dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.
Hadir pada pertemuan tersebut, Staf Khusus Kemenpora RI Bidang Komunikasi dan Informasi Heru Nugroho dan Ketua Umum Pemuda Pelopor Indonesia Kusumo Priyono, didampingi Wakil Ketua Huala Siregar dan Sekjen Hariyanto, di ruang kerja Kemenpora RI, Senin (21/10). Kusumo Priyono dalam paparannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan sebagai pertemuan pemuda pelopor seluruh Indonesia. Ada tiga agenda yang menjadi pokok pembahasan pada kongres tersebut. Di antaranya pemilihan pengurus Pemuda Pelopor Nasional, penyusunan program rencana kerja jangka panjang dan jangka pendek, serta pengukuhan pengurus Pemuda Pelopor Nasional.
Ditambahkannya, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 25-28 Oktober, dan akan diikuti sebanyak 200 anggota pemuda pelopor daerah dan pusat. “Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu pertama dan tertua di negeri ini. Itu merupakan faktor utama terpilihnya Kukar sebagai tuan rumah Kongres Pemuda Pelopor yang pertama,” bebernya.
Sementara itu Bupati Kukar Rita Widyasari menyatakan kesiapan ditunjuknya kukar sebagai tuan rumah Kongres Pemuda Pelopor Nasional. Menurutnya kegiatan ini sangatlah penting mengingat peran penting para pemuda pelopor dalam pembangunan saat ini. “Harapannya, dengan adanya kongres pemuda di Kukar, akan memberikan dampak positif serta motivasi bagi para pemuda di seluruh Indonesia, khususnya pemuda Kukar untuk lebih berkarya dan membuat terobosan-terobosan baru dalam pencapaian pembangunan di segala bidang aspek pembangunan,” ujarnya.
Sementara itu Menpora menyambut baik kegiatan tersebut dan dia memastikan hadir. “Saya senang, kegiatan ini bisa diselenggarakan guna mengapresiasi keberadaan pemuda Indonesia yang memiliki peran strategis sebagai pelopor dalam bidang pembangunan sosial serta motivasi dan inspirasi kepada masyarakat,” ujar Roy Suryo. (hmp06/wan/k9)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/36840/kukar-tuan-rumah-pertama.html