Sejarah Pertama Kali di Kaltim, Kukar Raih Opini WTP

Kepala BPK RI Rizal Djalil saat menyerahkan hasil laporan keuangan pemkab Kukar tahun 2012 dengan Opini WTP kepada Bupati Kukar Rita Widyasari, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kukar, Senin (8/7) di Ruang Sidang Gedung DPRD Kukar Lantai II.

TENGGARONG – Setelah sekian lama penilaian atas Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mendapat Opini Disclaimer. Ahirnya pada Senin (8/7) pagi merupakan hari yang bersejarah bagi Pemkab Kukar sukses meraih hasil laporan keuangan 2012 dengan predikat langsung mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tentunya hal ini sangat mengejutkan dan disambut penuh kegembiraan, dimana hasil laporan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Dr H Rizal Djalil kepada Bupati Kukar Rita Widyasari dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kukar dengan agenda Penyampaian Laporan Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemkab Kukar Tahun Anggaran 2012, dipimpin Ketua DPRD Kukar Salehuddin.

Ketua BPK RI Rizal Djalil, mengucapkan selamat kepada Pemkab Kukar atas opini WTP yang diberikan oleh BPK RI. “Selamat atas predikat opini WTP,” katanya.

Menurut dia, ini merupakan hari yang bersejarah, dimana penilaian tersebut dalam konteks perbaikan tata kelola keuangan. Kata Rizal Pemkab Kukar berkali-kali mendapat opini disclaimer, dan tahun ini saya sampaikan lagi Kukar mendapat opini WTP. “Saya mengingatkan kepada Bupati, agar opini WTP ini dapat dipertahankan secara terus menerus, kalau tidak hati-hati bisa turun, seperti Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang dulunya mendapat WTP sekarang disclaimer,” ujarnya.

Dikatakan Rizal dan merasa yakin atas kepemimpinan Bupati Rita Widyasari opini WTP ini bisa dilakukan dan dipertahankan. Kenapa WTP ini bisa dicapai, jelas Rizal dari sisi sumber daya manusia (sdm) berkali-kali dilakukan pembinaan, dan secara teknis BPKP memberikan bimbingan khusus, dengan menurunkan 20 orang yang di datangkan dari Jakarta. “Jadi jelas bukan sesuatu yang jatuh dari langit, melainkan hal ini merupakan hasil kerja keras semua perangkat daerah, SKPD, DPRD Kukar, dan pemeriksaan keuangan ini dilakukan selama 60 hari, dan saya katakan di Kaltim baru Kukar yang mendapat opini WTP,” jelas Rizal.

Sekali lagi selamat atas peraihan opini WTP dan saya katakan juga, tahun ini dalam hasil penilaian keuangan, Kukar juga pertama kalinya tepat waktu dalam pelaporannya, “Biasanya molor hingga 6 bulan, tapi tahun ini Kukar pertama kali tepat waktu, semoga tahun-tahun berikutnya dapat dipertahankan,” katanya.

Ditambahkan dia, berharap juga kepada Bupati Kukar menyangkut sdm agar segera melakukan review terhadap dinas pendidikan Kukar, “Saya ingin katakan bahwa diknas itu memiliki anggaran yang besar, menyangkut hajat hidup orang banyak, menurut saya bupati harus segera melakukan review atau revitalisasi, jangan ditunda lagi kalau ingin lebih baik,” pesan Rizal, yang langsung di sanggupi Rita, siap.

Sementara itu Bupati Rita Widyasari dengan gembiranya mengatakan bahwa opini WTP ini sungguh merupakan sejarah bagi kabupaten Kutai Kartanegara. “Mimpi saja saya tidak berani, namun hari ini merupakan hari yang bersejarah atas opini WTP, dan saya mengucapkan terimakasih dan memberikan penghormatan kepada Kepala BPK RI Rizal Djalil yang menyerahkan langsung hasil pemeriksaan keuangan pemkab Kukar 2012,”.katanya. (hmp4)

Sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/read/news/2013/7238/sejarah-pertama-kali-di-kaltim-kukar-raih-opini-wtp.html