Pemkab Kukar Lakukan Mou dengan Kemenkominfo

Rita Widyasari dan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dr.Ir. Ashwin Sasongko,M.Sc, didampingi Direktur E-government Ir.Firmansyah Lubis,MIT saat melakukan Penandatanganan Mou Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Informatika.

JAKARTA – Bupati Kutai Kartanegara atasnama Pemkab Kukar, Kamis ( 11/7 ) melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding Mou tentang Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Informatika dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Ruang Ukir Lantai II Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta. Penandatangan ini langsung dilakukan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dr.Ir. Ashwin Sasongko,M.Sc, didampingi Direktur E-government Ir.Firmansyah Lubis,MIT, sekaligus juga disaksikan Direktur E-business Ir.Azhar Hasyim,MT, Direktur Pemberdayaan Informatika Marian F.Barata, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ir.Herry Abdul Aziz,M.Eng, Direktur Keamanan Informasi Bambang Heru Thahjono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara, H Surip didampingi beberapa Kasi dilingkungan Diskominfo Kukar.

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dr.Ir. Ashwin Sasongko,M.Sc, dalam sambutannya mengatakan, dewasa ini, peranan informasi semakin penting, baik untuk kepentingan individu, bisnis maupun pemerintahan. Dengan adanya teknologi informasi, khususnya internet, dunia seakan tanpa batas/ borderless, tidak ada lagi hambatan ruang dan waktu dalam menjalin interaksi dengan siapapun dan dimanapun. Penandatanganan Mou yang dilaksanakan terkait dengan berbagai bidang sesuai dengan Inpres Tahun 2003. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selalu berupaya mengembangkan dan menyebarluaskan penggunaan dan kemajuan teknologi informasi agar terus dikembangkan sekaligus menjaga, memelihara dan memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional berdasarkan perundang – undangan yang berlaku, sekaligus turut serta dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ada 3 ( tiga ) proyek besar di Wilayah Kalimantan yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2012 lalu dan dipusatkan di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Mou ini merupakan dasar Review 3 ( tiga ) proyek tersebut. Ashwin Sasongko berharap, Kabupaten Kukar bisa melaksanakan e-Goverment sesuai dengan Perintah Presiden , lebih efisien ,lebih transparan dan akuntabel sehingga Pemkab Kukar lebih maju lagi, dan hubungan harmonis antara masyarakat, Dinas/Instansi seluruh SKPD dengan pemerintah terjalin lebih baik lagi . Pihaknya siap membantu untuk ditindak lanjuti apakah dalam bentuk proyek pelatihan, penggunaan software maupun bimbingan teknis bisa dilakukan lebih instensif .

Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui program gerbang raja berusaha melakukan perubahan secara bertahap dan kontinyu dalam menata Pemerintahan yang baik atau yang lebih dikenal dengan istilah Good Governance terutama dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Saat ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sedang giat-giatnya berbenah menuju era transformasi digital dan ini menjadi tantangan bagi kami semua, mengingat mengubah mindset konvensional ke mindset digital bukan lah hal mudah .

Setelah MoU ini ditandatangani, Rita berharap agar semua Direktorat dibawah Dirjen Aptika dapat turut berperan aktif menjalankan Komunikasi sinergis kepada Pemkab Kukar sekaligus dapat membantu mengembangkan semua aplikasi yang disesuaikan dengan Kebutuhan Daerah. Dan Kabupaten Kutai Kartanegara siap menjadi Kabupaten Percontohan atau pilot project di Indonesia dalam Implementasi dan Pengembangan semua aplikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang arahnya pada Implementasi dan Pengembangan Egovernment sebagaimana amanat Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government, tambah Rita Widyasari.

Kemudian melalui Program Gerbang Raja (Gerakan Rakyat Sejahtera), Pemkab Kukar secara bertahap akan melanjutkan pembangunan jaringan internet ke semua sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara, membangun kawasan IT park di Tanjung, pembangunan jaringan komunikasi data hingga ke Desa, pengembangan infrastruktur NOC (Network Operating Center) dan Pengembangan Infrastruktur jaringan, hingga ke semua Desa di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Dan menjalankan aplikasi e-office, aplikasi e-arsip, aplikasi sistem manajemen potensi Daerah, Simreda (Sistem Perencanaan Daerah), Aplikasi E- Audit, dan Sistem Integrasi Layanan (SIL), Selanjutnya melalui kesempatan ini , Rita berharap pada tahun 2014, Kabupaten Kutai Kartanegara dapat diberikan kesempatan untuk menerima hibah fasilitas Pusat Komunitas Kreatif dari Kementerian Komunikasi.

Rita merasa salut dan bangga dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas moment yang di gagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kementerian Kominfo RI, mengingat tahun 2011 lalu Kabupaten Kutai Kartanegara terpilih sebagai Kabupaten penerima panji keberhasilan di bidang Egovernment tingkat Provinsi Kaltim dan Piagam ICT Pura Muda dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Dan Kami berharap prestasi ini sebagai pendorong semangat dalam rangka pengembangan Egovernment di Kabupaten Kutai Kartanegara dan dapat mempertahankan penghargaan ini dan dapat menjadi Kabupaten Pertama di Kalimantan yang memperoleh penghargaan PEGI tingkat Nasional, ujar Rita . ( Hmp 04/ Betty ).

Sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/read/news/2013/7241/pemkab-kukar-lakukan-mou-dengan-kemenkominfo.html