Rekor Dunia Bendera Pioneering Dipecahkan

PENGIBARAN BENDERA 1.000 METER DI LAMARU BALIKPAPAN

BALIKPAPAN- Rekor dunia kembali ditorehkan Indonesia bertempat di objek wisata Pantai Lamaru, Balikpapan kemarin,. Bendera merah putih raksasa yang berukuran 1.000 meter persegi dengan tinggi menara bambu pioneering 53 meter berhasil dikibarkan. Kegiatan yang bertajuk “Berkibarlah Benderaku” diikuti oleh seluruh komponen pemuda dan elemen bangsa seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Basarnas Balikpapan, pondok-pondok pesantren, kelompok tani dan nelayan, UKM, pecinta alam, PMR, OSIS dan Pramuka seluruh Kaltim.

“Ini bukti bahwa pemuda Indonesia mampu menciptakan sebuah rekor dunia,” papar Ketua Pelaksana Berkibarlah Benderaku, Supriyadi, kemarin (21/5).

Dalam pengerjaan menara pioneering menghabiskan 1.200 batang bambu. Sedang tali sebagai pengikatnya menghabiskan 2 ton tali. “Bambu kami datangkan dari Samboja serta melibatkan 350 orang yang terdiri dari SAR Hidayatullah seluruh Indonesia, Saka Bhayangkara Balikpapan, Denzipur TNI AD serta komunitas seluruh Kaltim,” terangnya.

Dalam pengerjaan menara pionering hanya dibutuhkan waktu 10 hari saja, walaupun terdapat kendala karena cuaca yang tidak bersahabat.

“Indonesia patut berbangga, sejarah baru telah terukir karena pemegang rekor dunia sebelumnya untuk menara pioneering adalah Amerika dengan ketinggian 40 meter dengan waktu pengerjaan 15 hari,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa prestasi cipta rekor dunia sebelumnya terukir dengan mengapungkan bendera merah putih 1.000 meter persegi di kedalaman 10 meter di bawah permukaan air laut dengan melibatkan 445 penyelam yang diikuti oleh penyelam dalam dan luar negeri di pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur. Pembentangan bendera merah putih 1.000 meter juga pernah dilakukan di Pulau Sebatik Nunukan.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Kaltim Awang Faroek, Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisal HP, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky W Usman, Kapolda Kaltim Irjen Pol Anas Yusuf dan perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Balikpapan. (Yud513)

Sumber : http://www.korankaltim.com/rekor-dunia-bendera-pioneering-dipecahkan/