Pacu Pelayanan Prima di Desa

Staf Ahli Bupati Buka Pelatihan Latop

TENGGARONG– Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Bidang Hukum dan Politik, Salmon Zakaria, pada Senin (22/4) lalu membuka Pelatihan Operasional (Latop) Pemerintahan Desa (Pemdes) di Hotel Lizha, Tenggarong. Pembukaan pelatihan ditandai penyematan tanda peserta. Pelatihan yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Kukar ini, diikuti 40 peserta dari 20 desa di 10 kecamatan.
Menurut ketua panitia Murtis, pelatihan ini berlangsung selama 3 hari. Tujuannya, meningkatkan kapasitas perangkat desa mandiri sehingga dapat memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi), serta mampu menyelenggarakan roda pemerintahan desa sesuai harapan dan ketentuan berlaku. Sehingga, dengan adanya pelatihan Latop ini, diharapkan perangkat desa mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksi.
Lebih lanjut Murtis menambahkan, nantinya perangkat desa mampu mengelola administrasi desa dengan baik dan benar sesuai peraturan berlaku. Selain itu, mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mampu mendorong percepatan pembangunan di desa. Juga, mampu menjalankan program Gerbang Raja di wilayah kerja masing-masing, melalui pengelolaan administrasi desa dengan baik.
Sedangkan, dalam sambutan Bupati Kukar yang dibacakan Salmon Zakaria disampaikan, Pemkab Kukar selalu berupaya mendorong dan memfasilitasi pembangunan, pengembangan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Hal ini telah dilakukan dalam program-program pemberian alokasi dana desa yang bertujuan memberdayakan sumber daya manusia dan potensi desa, pembentukan desa mandiri, dan perbaikan infrastruktur desa
“Untuk itu, saya berpesan agar peserta Latop atau Pelatihan Operasional Pemerintahan Desa ini dapat mengikuti sebaik mungkin dan bersungguh-sungguh, sehingga nantinya para perangkat desa dapat meningkatkan kapasitas dan memiliki kompetensi yang memadai dalam rangka menerapkan jenis-jenis kewenangan dan peraturan-peraturan desa. Dengan demikian, perangkat desa mampu mendorong percepatan pembangunan di desa dan mampu menyukseskan program Gerbang Raja,” harap Salmon
Adapun materi dalam pelatihan ini disampaikan oleh pejabat eselon di lingkungan Bapemas dan Pemdes Kukar. Yaitu, Kabid Pemdes dan Kelurahan Hardie Herman, Kasubbid Administrasi Pemerintahan, Perangkat, dan Pengembangan Desa H Hamdiansyah, Kasubbid Pengembangan Kapasitas Pemdes Murtis, Kabid Kelembagaan Rina, Kabid UED, SDA, dan TTG Djunaidi serta Sumarno.
Materi yang disampaikan narasumber di antaranya, tentangan Kewenangan Desa, Administrasi Desa, Produk Hukum Desa, Pelaporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Konsep Desa Mandiri, dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). (hmp06/encek/zal)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/18378/pacu-pelayanan-prima-di-desa.html