Kukar Gelar Rangking I

Peserta Pakai Kebaya, Rita Ajak Perempuan Gemar Menulis

TENGGARONG-Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari membuka acara lomba menulis dan Ranking I, di Halaman Planetarium Jagat Raya, Sabtu (27/4). Acara garapan Lintas Media Kukar itu digelar untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April Lalu.
Bupati Rita dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa ibu-ibu menyampaikan padanya, dalam menyemarakkan peringatan Hari Kartini akan mengadakan lomba memasak, “Saya bilang kalau memasak, semua ibu-ibu pasti memasak di rumah. Tapi kalau lomba menulis, Kartini itu mengajari kita menulis dan Ranking I mengajari kita untuk berpikir” ujar Rita menceritakan awal mula lomba menulis dan Ranking I ini digagas.
Lomba menulis, kata dia, erat kaitannya dengan peringatan Hari Kartini, di mana RA Kartini yang merupakan panutan bagi perempuan Indonesia mengajari kaum perempuan untuk menulis. Awalnya, dari surat – menyurat yang dikirimkan kepada sahabatnya di Belanda. Akhirnya terkumpulah menjadi sebuah buku, yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, “Bisa dibayangkan jika tidak ada RA Kartini pada waktu itu, paradigma pendidikan di indonesia tidak akan seperti saat ini, perempuan akan tetap terkurung dalam kebodohan” papar Rita.
Ia mengajak kaum perempuan di Kukar untuk belajar menulis, dan itu dijadikan kegemaran. Sebab dengan menulis akan membuka cakrawala berpikir, dan akan terus menggali kemampuan dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. “Saya juga gemar menulis. Itu saya lakukan di saat dalam perjalanan di pesawat dari luar negeri, ‘kan waktunya lama, pasti saya gunakan untuk menulis” kenangya.
Rita berharap, perempuan di Kukar bisa menjadikan RA Kartini sebagai inspirasi dalam melakukan segala hal agar menjadi yang terbaik.
Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Wahidin Noor mengatakan, Ranking I dari 61 orang pendaftar yang ikut 35 orang. Sedangkan lomba menulis dari 26 orang pendaftar yang hadir 21 orang.
Usai menyampaikan sambutan Rita didaulat untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta Ranking I. konsep Ranking I dikemas mirip acara salah satu stasiun televise. Namun uniknya semua peserta memakai kebaya. Lantaran digelar di tempat terbuka dan cuaca cukup panas, peserta pun memakai payung untuk berteduh.
Untuk lomba menulis mengambil tema “Peran perempuan dalam Pembangunan di Kukar” digelar di dalam Ruang Planetarium Jagat Raya. Sebagian besar pesertanya diikuti kaum perempuan dari berbagai profesi. Ada ibu rumah tangga, mahasiswi, PNS, dan remaja putri yang masih duduk di bangku sekolah.
Acara ditutup dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Rita Widyasari kepada juara Ranking I yang diraih oleh Hj. Hendry Miyarsih. Sedangkan Tarti sebagai peserta terheboh dan Siska Eriana sebagai peserta berpenampilan menarik. (hmp 12/rom)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/18712/kukar-gelar-rangking-i.html