Rita Lantik Edi Damansyah sebagai Sekkab Kukar

Wujudkan Reformasi Birokrasi dan Bebas Korupsi

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Jumat (15/3) pagi mengambil sumpah sekaligus melantik Edi Damansyah sebagai sekretaris kabupaten (sekkab) Kukar di Pendopo Odah Etam, Tenggarong. Acara ini disaksikan forum koordinasi pimpinan daerah Kukar, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, para asisten, staf ahli, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan lain. Edi menggantikan HAPM Haryanto Bahroel yang pensiun beberapa waktu lalu.
Untuk diketahui, Edi Damansyah dengan pangkat Pembina Tingkat I (IV/b) sebelumnya menjabat asisten bidang ekonomi pembangunan sekkab Kukar. Pelantikan ini sesuai Surat Keputusan Gubernur Kaltim, Nomor 821.2/III.2.1034/TUUA/BKD-2013, tanggal 20 Februari tentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan sekkab Kukar. Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Rita Widyasari mengucapkan selamat atas pelantikan ini. Dia berharap pejabat terpilih mengemban amanah, sekaligus menyukseskan program Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja).
Menurut Rita, pelantikan ini mampu memperkuat pemerintahan di Kukar. ”Semoga semakin baik dalam pelaksanaan pemerintahan yang baik serta bisa melakukan reformasi birokrasi secepatnya dan bebas dari korupsi, sekaligus bisa mengatasi berbagai permasalahan di Kukar,” tambah Rita. Ia juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas peran dan jasa yang telah diberikan HAPM Haryanto Bachroel selama ini. Jasanya akan selalu dikenang Pemkab dan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kukar.
Bupati juga mengatakan, Edi Damansyah terpilih setelah melalui proses panjang dan mekanisme pemilihan sesuai prosedur. Dia diangkat karena memiliki kualitas mumpuni, berdedikasi, loyal, disiplin, memiliki moral dan mental yang baik. ”Untuk itu, saya berharap agar Saudara (Edi) dapat selalu meningkatkan kompetensi sesuai tuntutan tugas dan tanggung jawab sebagai sekretaris daerah,” pesan Rita.
Pengangkatan Edi diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah dengan bekerja lebih efektif, efisien, dan terkoordinasi. Kinerja sekkab sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi guna mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance). Hal itu akan menjamin kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah dan aparaturnya. Tuntutan masyarakat kepada pemerintah daerah untuk melaksanakan pemerintahan yang baik tersebut sejalan dengan meningkatnya keterbukaan informasi dan semakin tinggi tingkat pengetahuan masyarakat.
Menurut Bupati, tuntutan tersebut wajar dan sudah seharusnya direspons pemerintah daerah melalui kinerja dan tindakan-tindakan yang mengarah pada perbaikan tatanan kerja, perbaikan pelayanan, dan perbaikan moral serta kompetensi aparatur. Ini berguna bagi peningkatan penyelenggaraan pembangunan agar lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan. (hmp04/wan)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/14842/rita-lantik-edi-damansyah-sebagai-sekkab-kukar.html