Konsultasi Regional 2013 Kementerian PU Dimulai Hari Ini

Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian Pekerjaan Umum tahap pertama hari ini (26/2) dimulai dengan dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang dilanjutkan dengan pengarahan dan dialog dengan para peserta Konreg di Pendopo Gedung Kementerian PU. Hasil dari Konreg ini akan menjadi masukan dalam penyusunan rencana kerja Kementerian PU tahun 2014 dan penajaman program dan kegiatan provinsi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi dan Nasional.

Konreg tahap pertama yang berlangsung 26-27 Februari dihadiri oleh kurang lebih 300 orang peserta yang meliputi para Kepala Bappeda Provinsi, Kepala Dinas Bidang PU dan Permukiman Provinsi, Kepala Balai Besar/Balai Wilayah Sungai, Kepala Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, pejabat eselon II dan III terkait di lingkungan Kementerian PU. Selain itu juga turut diundang mitra kerja di Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Kepala Biro Perencanaan dan KLN Rido Matari Ichwan dalam laporannya sebagai panitia penyelenggara Konreg 2013 menyatakan bahwa Konreg kali ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama yang dilakukan hari ini dan besok memiliki agenda utama berupa penyampaian arahan dan hasil evaluasi kinerja terhadap target jangka menengah 2010-2014 untuk penyusunan program tahun 2014. Selain arahan dari Menteri PU, jadwal hari ini juga akan diisi oleh pengarahan dari Wakil Menteri PU, Komisi V DPR, Sekjen PU, Dirjen Penataan Ruang, Inspektur Jenderal, Kepala Badan Pembina Konstruksi dan Kepala Balitbang yang dibagi menjadi tiga sesi pleno. Sementara untuk sesi pleno besok (27/2) akan diisi oleh pengarahan dari Dirjen Sumber Daya Air, Dirjen Bina Marga, Dirjen Cipta Karya dan Kepala Biro Perencanaan dan KLN.

Tahap kedua merupakan tahap penyusunan dan penajaman program dari berbagai satminkal yang diatur oleh masing-masing direktorat jenderal dengan melibatkan pemerintah provinsi dengan lebih intensif. Pelaporan hasil konreg akan disampaikan oleh para Direktur Jenderal kepada Menteri Pekerjaan Umum pada 19-20 Maret 2013 di Wisma Werdhapura, Bali.

Tema penyelenggaraan Konreg tahun ini adalah “Penyelenggaraan Infrastruktur ke-PU-an yang Efektif dan Efisien Guna Memantapkan Perekonomian Nasional untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan”.  Tema ini sejalan dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2014 yaitu “Memantapkan Perekonomian Nasional untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan”. (g)

Sumber  :  http://www.pu.go.id/main/view/8287