Bupati Kukar Hadiri Rapat Evaluasi Diklat Luar Negeri

Paparkan Program Desa Mandiri

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari, menghadiri Rapat Evaluasi Hasil Diklat Luar Negeri yang digelar Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rapat dihadiri para Alumni Diklat Luar Negeri tahun 2011- 2012, terdiri para bupati, wali kota, kepala/sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta pejabat Kemendagri.

Rapat Evaluasi berlangsung 21-22 Februari, di ruang Andrasentra, Hotel Aston The Jungle, Bogor, Kamis (21/2). Rapat ini dibuka Kepala Badan Diklat, Drs Harunata, Dipl.D.F.MM. Dalam sambutannya, dia mengatakan, salah satu program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan Kemendagri adalah memberikan kesempatan kepada pejabat strategis daerah mengikuti pelatihan keluar negeri melalui kerja sama dengan berbagai instansi yang mempunyai reputasi internasional.
“Tujuan digelarnya rapat evaluasi ini untuk mengetahui arah perubahan yang diperoleh para peserta setelah mengikuti program diklat luar negeri, mengetahui aplikasi pengetahuan yang diperoleh peserta setelah mengikuti diklat luar negeri di tempat kerja, serta mengembangkan jaringan kerja sama lebih lanjut dengan insitusi–insitusi terkait dengan sesama pemerintah daerah dalam negeri,” jelas Harunata.
Ia berharap peserta dapat mengevaluasi pelatihan selama ini dan hasilnya, untuk menambah wawasan serta bisa memecahkan masalah-masalah. Hasil tersebut, menurut dia, bisa dipetik dan didokumentasikan untuk pengembangan daerah. “Yang sangat penting, apa yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk pembangunan daerah masing-masing. Semakin banyak kita mendapat pegetahuan, semakin memudahkan pengembangan daerah,” imbuhnya.
Sementara itu, Bupati Kukar, Rita Widyasari sebagai salah satu peserta rapat yang pernah mengikuti diklat di Harvard Kennedy School USA pada Program Executive Education Training, menceritakan pengalaman selama di sana. Dia juga menyampaikan hasil evaluasinya. Menurut Rita, selama mengikuti kegiatan diklat di luar negeri, begitu banyak pengalaman yang dia dapat. “Itu akan kami bawa dan terapkan di daerah kami. Yang kini sudah kami programkan, salah satunya yang akan saya sampaikan dalam rapat evaluasi hari ini,” ujarnya.
Dalam Rapat Evaluasi, Rita Widyasari memaparkan Konsep Program Pengembangan Desa Mandiri, yaitu konsep pemberdayaan dengan menempatkan desa sebagai sasaran, tujuan, sekaligus indikator program dan kegiatan pembangunan. Program Desa Mandiri menjadi salah satu program pemerintah kabupaten dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Program ini lebih mengarah kepada desa/kelurahan yang termasuk dalam kategori desa tertinggal dalam konteks percepatan pembangunan menuju kemajuan desa kemandirian.
Dalam Rapat Evaluasi Diklat Luar Negeri ini, masing-masing perwakilan alumni memaparkan program yang sedang meraka kerjakan saat ini. Mereka adalah alumni Harvard Kennedy School USA pada program Executive Education Training, The Institute Of Adminisstration of Canada (IPAC) pada program Executive Education Training, Program Training on Building Local Government Capacity in the Implementation of Minimum Service Standard in Public Service Delivery, dan Pemerintahan Negara Bagian Victoria-Australia, pada Competency Standards Banchmarking Study Program. (hmp3/wan)

sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/13139/bupati-kukar-hadiri-rapat-evaluasi-diklat-luar-negeri.html