Rebahkan Pylon Jembatan, Lalulintas Sungai Mahakam Ditutup

TENGGARONG-, Proses perebahan pylon jembatan Kutai Kartanegara dijadwalkan akan berlangsung selama 2 minggu yaitu tanggal 4 – 17 November 2012 mendatang. Selama kegiatan tersebut, jalur lalulintas Sungai Mahakam yang melintasi lokasi pylon akan ditutup total. Hal ini kami dilakukan demi keselamatan dan keamanan bersama.

Hal tersebut disampaikan penanggungjawan PT Hutama Karya (HK) Idwan Suhendra pada rapat rencana perebahan pylon jembatan yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Kukar HM Ghufron Yusuf di Ruang Eksekutif Bupati, Kamis (25/10).

Rapat juga dihadiri, Asissten I Chairil Anwar, Asissten III Chairul Fadlan, Asissten IV H Bahrul, Kepala Dinas Cipta Karya wicaksono Subagyo, Kadis Kominfo H Surip, Perwakilan Polres Kukar, perwakilan Kodim 0906, perwakilan KPLP dan perwakilan beberapa SKPD terkait.

Gufron yang didampingi Plt Sekdakab Edy Damansyah meminta penjelasan dari PT HK terkait rencana perebahan pylon jembatan yang akan dkerjakan dalam waktu dekat, selain itu juga meminta masukan dari beberapa pihak terkait agar pelaksanaan pekerjaan nanti berjalan lancar.

Dia juga mengharapkan pada saat dilakukan pekerjaan hendaknya faktor keamanan dan keselamatan disekitar proyek, baik itu para pekerja maupun masyarakat disekitar betul – betul diperhatikan, sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Ghufron meminta Satpol PP untuk berkoordinasi dengan Polres dan Kodim, untuk menjaga keamanan selama pekerjaan berlangsung maupun setelah pylon direbahkan, “Karena setelah pylon direbahkan kemudian dipotong – potong, dan akan diletakkan di belakang soto makasar, untuk itu perlu dilakukan penjagaan untuk keamanannya” ujarnya lagi.

Sementara itu Plt. Sekdakab Edy Damansyah, mengatakan terkait teknis pekerjaan pemkab tidak akan ikut campur, namun masyarakat di Tenggarong khususnya apabila kumpul-kumpul yang ditanyakan selalu kapan pylon jembatan akan dirobohkan, dan selalu jawaban yang bisa diberikan bahwa masih menunggu persiapan dari Hutama Karya, “Jadi ada bahasa yang berkembang dimasyarakat kita, mereka katakan Hutama yang mengawali hutama juga yang mengakiri” kelakar Edy

Idwan memaparkan bahwa pekerjaan secara keseluruhan terdiri dari 7 item, yakni 6 item khusus pekerjaan perebahan akan dikerjakan selama 13 hari, dan 1 item yakni penggulungan kabel hulu dan hilir selama 10 hari. (vb/hm12)

sumber : http://www.vivaborneo.com/rebahkan-pylon-jembatan-lalulintas-sungai-mahakam-ditutup.htm