Ketua DPRD Tinjau Jalan Trans Kalimantan

Samarinda-, Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisyal HP meninjau jalan Trans Kalimantan poros selatan, 2-3 Oktober 2012, mulai wilayah Penajam Paser Utara hingga Gunung Halat, Kabupaten Paser, perbatasan dengan Kalimantan Selatan.

“Tujuan peninjauan adalah untuk melihat secara langsung kerusakan jalan Trans Kalimantan poros selatan yang banyak dikeluhkan masyarakat. Sudah ada perbaikan yang didanai APBN. Harus terus kita perjuangkan agar jalan yang menghubungkan Kaltim – Kalsel ini bisa mulus,” kata Mukmin Faisyal, Rabu (3/10) kemarin di sela-sela peninjauan jalan Trans Kalimantan poros selatan di batas Kaltim – Kalsel.
Ketua DPD Partai Golkar Kaltim ini didampingi anggota Komisi V DPR RI, Hetifah Sjaifudian Siswanda, Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Dahri Yasin dan anggota Komisi I yang juga Sekretaris Fraksi Golkar, H Suwandi.
Menurut Mukmin Faisyal, dari hasil peninjauan diketahui ada sejumlah kerusakan berat dan ringan pada ruas jalan Trans Kalimantan poros selatan tersebut. Kerusakan umumnya disebabkan hilir mudik kendaraan berat, seperti truk-truk besar yang muatannya di atas delapan ton, selain karena faktor alam, yakni hujan deras yang mengakibatkan badan jalan longsor dan ambles.
“Saya mengharapkan pemerintah pusat dapat meningkatkan bantuan dari APBN untuk pembangunan jalan Trans Kalimantan poros selatan ini, karena bagaimana pun jalan negara merupakan tanggung jawab pemerintah pusat,” kata wakil rakyat asal Dapil II Balikpapan, PPU dan Paser ini.
Meskipun demikian, apabila kondisi memaksa, Pemprov Kaltim bisa ikut mendanai pembangunan jalan Trans Kalimantan poros selatan tersebut memakai APBD provinsi, seperti pada poros Gusiq-Simpang Blusuh yang menggunakan pola kontrak tahun jamak (MYC).
Tapi sedapat mungkin pembangunan jalan Trans Kalimantan dibiayai dana APBN, mengingat Kaltim masih memerlukan banyak dana untuk membiayai sektor-sektor pembangunan lainnya.
“Ada Bu Hetifah di Komisi V DPR RI, tentu kita harapkan bisa memperjuangkan anggaran pembangunan jalan Trans Kalimantan tersebut, baik poros selatan ini, maupun poros tengah dan utara,” kata Mukmin Faisyal.
Rombongan Ketua DPRD Kaltim mendapatkan penjelasan dari staf Dinas PU Kaltim, saat ini tengah dikerjakan proyek jalan sepanjang lebih kurang 95,045 Km pada ruas Trans Kalimantan poros selatan tersebut, dimulai dari Jembatan Sengayama dan berakhir di Simpang Kuaro, dengan dana APBN Rp300 miliar. (vb/mir)

sumber : http://www.vivaborneo.com/ketua-dprd-tinjau-jalan-trans-kalimantan.htm