Perusahaan Wajib Bantu Korban Banjir Samboja

TENGGARONG – , Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (10/7) memanggil perusahaan tambang diwilayah Samboja, terkait banjir yang terjadi 6 Juli lalu.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang serbaguna Kecamatan Samboja tersebut Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf bersama Sekretaris Daerah HAPM Haryanto Bachroel, didampingi Camat Samboja Fahmi, serta kepala instansi terkait diantaranya Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Adinur, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Akhmad Taufik Hiayat.

Dalam kesempatan itu Ghufron mengimbau agar perusahaan membantu dalam menangani musibah banjir yang melanda tiga kelurahan atau 17 RT tersebut.

“Ini merupakan tanggung jawab semua, pihak tambang wajib secepatnya membantu ikut meringankan beban warga yang terkena musibah ini,” tegasnya.

Adapun besaran bantuan yang harus dikeluarkan perusahaan, Ghufron meminta perusahaan agar membantu semaksimal mungkin. Untuk itu mengenai teknis besarnya kerugaian masyarakat, serta berapa dana bantuan yang harus di kucurkan perusahaan, Ghufron meminta kepada pihak Kecamatan dibantu instansi terkait diantaranya yaitu BLHD, Distamben maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar segera menghimpun data dilapangan.

“Setelah data itu terhimpun maka akan mudah diketahui berapa kerugian masyarakat yang semestinya diganti, maka saya minta kecamatan dan instansi terkait segera identifikasi kerugian ini,” tegasnya.

Selain itu mengenai fasilitas umum yang terkena banjir, Ghufron meminta Dinas Cipta Karya agar segera mendata kerusakan dan mengusulkan perbaikannya, agar diusahakan bisa masuk anggaran tahun depan.

Kepada masyarakat Ghufron meminta untuk tabah dan bersabar sementara pihak Pemkab menghitung secara teknis berapa seharusnya bantuan yang dikeluarkan perusahaan.

Sebelum melakukan pertemuan dengan perusahaan dan masyarakat, Ghufron juga menyerahkan bantuan untuk korban banjir secara simbolis dari Pemkba Kukar melalui Dinas Sosial berupa bahan makanan. (vb/hayru)

sumber : http://www.vivaborneo.com/perusahaan-wajib-bantu-korban-banjir-samboja.htm