Pemkab Kukar Minta Realisasikan Komitmen Pembangunan Jalan Nasional

JAKARTA – , Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf bersama Anggota Komisi II DPRD Kukar, datang ke Senayan Jakarta untuk melakukan konsultasi dengan Komisi V DPR RI berkenaan usulan Pemerintah Kukar untuk mempercepat peningkatan dan perbaikan jalan yang menghubungkan Samarinda, Kecamatan Loa Janan –Tenggarong, beberapa waktu lalu.

“Konsultasi ke Komisi V DPR RI tersebut juga dalam rangka menindaklajuti hasil konsultasi dengan Bappenas dan Direktorat Bina Program Dirjen Bina Marga Kemen PU pada tanggal 26 Juni lalu, “ kata Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf
Dalam rapat konsultasi tersebut, hadir 11 anggota DPRD Kutai Kartanegara dan Kepala Bappeda Kukar Totok Heru Subroto dan diterima Komisi V DPR RI dihadiri sekaligus diwakili oleh anggota DPR RI Dapil Kaltim Hetifah Sjaifudian.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kukar HM Zainudin jalan nasional yang menghubungkan Samarinda, Loa Janan-Tenggarong pada saat sekarang sangat mendesak untuk segera diperbaiki dan diperlebar selain sangat sempit juga banyak terjadi kerusakan dimana-mana, yang sangat menghambat dan mengganggu kelancaran arus transportasi di wilayah tersebut.

“Sebagai komitmen sharing pelebaran jalan tersebut, Kami (DPRD dan Bupati) telah menganggarkan Rp. 30 Milyar untuk pembebasan tanah seluas 30 KM,” Ungkap Zainudin.

Dalam menanggapi hal tersebut, Hetifah menegaskan akan memperjuangkan usulan dari daerah tersebut. “Kami senang karena dengan ini semakin banyak teman dalam memperjuangkan kepentingan Kukar dan Kaltim secara umum,” kata Anggota Fraksi partai Golkar.

Hetifah juga mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur telah mendapatkan sekitar Rp. 605.400.000 Milyar untuk pembangunan jalan, termasuk jalan lintas tengah Loa Janan-Tenggarong-Senoni-Kota Bangun sebesar Rp. 30 Milyar.
Dalam rapat konsultasi dengan DPRD dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara di Ruang Komisi V DPR RI, Hetifah sembari memimpin rapat menelepon Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII (wilayah Kalimantan), Ditjen Bina Marga Kementrian PU, Subagyo.

Hetifah secara langsung meminta komitmen Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen-PU) dalam pembangunan dan perluasan Jalan Nasional Samarinda-Loa Janan-Tenggarong. Ruas jalan itu sendiri adalah satu-satunya jalan darat untuk masuk ibukota Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Barat serta merupakan jalan negara/nasional yang menjadi urusan pemerintahan pusat.

Melalui sambungan telpon yang diperdengarkan melalui pengeras suara ruangan, Subagyo secara tegas menyatakan komitmen dan kesiapan KemenPU.

“Kami siap membangun dan memperluas jalan nasional di Kaltim. Apalagi jika tanah disekitar jalan tersebut sudah dibebaskan. Tidak ada masalah.” Tegasnya yang didengar seluruh audience rapat konsultasi tersebut. (vb/rudi)

sumber : http://www.vivaborneo.com/pemkab-kukar-minta-realisasikan-komitmen-pembangunan-jalan-nasional.htm