Pemkab Kukar Akan Tata Ulang Pengelolaan Pulau Kumala

TENGGARONG – , Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari secara mendadak melihat langsung kondisi Pulau Kumala yang kini di kelola oleh Manajemen El-John, Kamis (19/7) lalu. Bupati Rita Widyasari bersama beberapa Kepala Dinas terkait diantaranya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sri Wahyuni, Kepala Dispenda Irfan Pranata, Kepala BPKAD Sutrisno dan Kadis Cipta Karya Basri Hasan.
Dengan menggunakan mobil wisata di pulau tersebut, Rita Widyasari berkeliling melihat secara dekat kondisi Pulau Kumala. Hampir semua sarana dan prasarana permainan mulai dari, sky tower, permainan anak dan lainnya ditinjau Bupati.

“Saya sudah melihat langsung kondisi Pulau Kumala, dan nampak sangat tidak terawat. Ya saya sedikit kecewa melihat kurangnya perawatan,” kata Rita usai meninjau lokasi pulau kumala.

Menurut dia, dengan kondisi seperti ini, “Wajar saja orang tidak mau berkunjung ke Pulau Kumala” tegas Rita.

Bahkan sambung Rita, pihaknya akan melakukan pembenahan agar Pulau Kumala menjadi lebih menarik. “Saya akan melakukan penataan dengan membangun berbagai wahana permainan, seperti water boom, kebun binatang kecil dan wahana lainnya yang mendukung wisata pulau menjadi lebih menarik,” katanya.

Tidak hanya itu lanjut Rita, di kawasan pulau nantinya juga akan dibangun musium sebagai tempat mengenang tragedi musibah runtuhnya jembatan Kartanegara, dan pembangunan gong perdamaian. Untuk itu, tambah Rita dalam waktu dekat Pemkab Kukar akan memanggil manajemen Pulau Kumala.

“Saya akan panggil manajemen Pulau Kumala, dan akan melihat isi perjanjian (MoU) El-John untuk membahas pengelolaan,” ujarnya.

Tambah dia, hal ini dilakukan sebagai upaya pembenahan aset daerah sebagai salah satu tempat kunjungan wisata dan jika setelah dilakukan pertemuan Pulau Kumala tidak ada perkembangan maka kita akan lakukan revisi, “Ya kita lihat saja nanti, mana kewajiban manajemen Pulau Kumala dan sebaliknya kewajiban Pemkab Kukar dan kalau tidak cocok bisa saja kita ganti manajemennya,” pungkasnya. (vb/ir)

sumber : http://www.vivaborneo.com/pemkab-kukar-akan-tata-ulang-pengelolaan-pulau-kumala.htm