Pesta Adat Erau Dibuka di Stadion Rondong Demang

TENGGARONG – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sapta Nirwandar, rencananya akan membuka pesta adat, seni dan budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (1/7) pagi di Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Untuk itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kukar Sri Wahyuni mengimbau kepada masyarat Tenggarong dan sekitarnya, serta para wisatawan agar menghadiri upacara pembukaan Erau yang dimulai pukul 10.00 wita itu.

“Saya harap pengunjung dan warga bisa datang dengan tertib sebelum pembukaan dimulai,dan menempati tribun timur, utara dan selatan, karena tribun barat akan digunakan untuk undangan,” ujarnya.

Adapun para undangan yang hadir, diantaranya Pemprov Kaltim, Kesultanan se Kaltim dan beberapa kesultanan/kerajaan di Nusantara, serta para undangan kehormatan lainnya.

Dijelaskannya, pada pelaksanaan pembukaan Erau juga akan dibacakan riwayat perjuangan Adji Muhammad Idris yang merupakan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XIV (1732-1739).

Tentunya pembukaan juga dimeriahkan tari massal yang berjudul Semarak Budaya Erau Kutai Kartanegara dengan durasi 22 menit, yang didukung 400 penari dari kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa.

Selain itu usai pembukaan, rencananya dijadwalkan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kretaif serta pejabat lainnya akan mencoba memainkan olahraga tradisional, diantaranya Bgeasing dan Belogo serta Menyumpit. (vb/hayru)

sumber : http://www.vivaborneo.com/pesta-adat-erau-dibuka-di-stadion-rondong-demang.htm