Penyaluran Dana BOS Akan Langsung Dari Kas Provinsi

Tenggarong- , Tahun 2012 dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak lagi disalurkan ke bendahara Kabupaten / Kota tetapi akan langsung disalurkan dari Kas umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUD) Provinsi dan selanjutnya akan di salurkan ke sekolah-sekolah,” ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Hukum Setkab Kukar Chairil Anwar saat ditemui usai Bimbingan teknis evaluasi pelaksanaan dana bantuan oprasional sekolah (BOS) bagi aparatur pengawas di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin (4 /6) di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.

Dalam mekanisme baru ini, dana BOS dianggarkan sebagai pendapatan provinsi pada kelompok pendapatan daerah lain-lain yang sah. Sedangkan disisi belanja, Dana BOS langsung dianggarkan pada kelompok belanja tidak langsung berupa hibah. objek hibabhnya adalah satuan pendidikan dasar sekabupaten/kota sehingga penyaluran dana BOS dari kas propinsi akan langsung mengalir kesekolah-sekolah yang berhak menerima sebagai hibah.

Dengan meningkatnya kemampuan sekolah dalam memenuhi biaya operasionalnya ada beberapa komponan biaya yang biasanya dibiayaidari iuaran siswa(uang Komite atau uang BP3 atau SPP) atau pungutan lainya tidak lagi dibebenkan kepada orang tua siswa sehingga tentunya hal ini berdampak pada penurunan biaya pendidikan yang harus di keluarkan oleh orang tua siswa. (vb/lina)

sumber : http://www.vivaborneo.com/penyaluran-dana-bos-akan-langsung-dari-kas-provinsi.htm