Kegiatan Erau di 11 Titik Kota Tenggarong

TENGGARONG – , Ambruknya jembatan Kartanegara membuat semua kegiatan Erau tahun ini dipusatkan di Kota Raja Tenggarong. Tak seperti halnya Erau tahun lalu ketika masih ada jembatan tersebut berdiri, beberapa kegiatan Erau dilaksanakan dikompleks Stadion Madya Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni mengatakan, tahun ini pesta adat, seni dan budaya yang berlangsung 1-8 Juli itu itu akan dipusatkan di 11 titik lokasi kegiatan di Tenggarong.

Museum Mulawarman atau disebut juga keraton seperti biasa sebagai wadah melaksanakan berbagai upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Lalu di Kedaton Kesultanan Kutai dipakai untuk seminar budaya dan Welcome Party. Sedangkan pembukaan, erau Expo, pasar rakyat dan panggung hiburan akan digelar di Stadion Rondong Demang.

Sementara panggung seni, ditempatkan persis di tepi sungai mahakam tepatnya di depan sekretariat Gerbang Raja Jl KH Akhmad Mukhsin. Arena permainan seru berbagai olahraga tradisional juga ditempatkan di tepi Mahakam Jl KH Akhmad Mukhsin tepatnya di depan Bank Syariah Mandiri.

Selanjutnya untuk lokasi makan bersama menurut adat Kutai atau disebut Beseprah digelar di sepanjang jalan antara Jembatan Bongkok sampai Gunung Pedidik.

Dermaga di depan DPRD Kukar akan dijadikan lokasi jamuan makan siang serta start dan panggung kehormatan lomba perahu naga dan balap perahu ketinting (perahu bermotor). Untuk dermaga di depan museum Mulawarman akan dijadikan lokasi kuliner terapung.

Sedangkan di halaman Planetarium Jagad Raya akan digelar lomba masak serba ikan. Serta disepanjang jalan mulai depan sekretariat Gerbang Raja hingga Planetaruim Jagad Raya akan digunakan untuk kirab budaya.

Sri menambahkan yang baru pada Erau tahun ini adalah adanya lomba menembak yang digelar di sekitar gedung kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman.

Diharapkan Sri dengan sudah jelasnya lokasi kegiatan Erau tersebut, memudahkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai macam event pariwisata tahunan Kukar itu.

“Semoga Erau tahun ini banyak menarik minat pengunjung untuk berwisata ke Tenggarong,” demikian harapnya. (hmp03).

Rangkuman Kegiatan Erau 2012

1. Kirab Budaya, 29 Juni
2. Welcome Party, 30 Juni
3. Upacara Pembukaan, 1 Juli
4. Upacara Adat Kesultanan, 1-9 Juli
5. Expo Ekonomi Kreatif, Pasar Rakyat & Panggung Hiburan , 1-7 Juli
6. Lomba Olah Raga Tradisional, 1 – 7 Juli
7. Pertunjukkan Seni, 1 – 7 Juli
8. Kuliner terapung, 1-7 Juli
9. Beseprah, 4 Juli
10. Fashion Adat Kanak Kutai &Lomba masak serba ikan, 5 Juli
11. Lomba balap ketinting, 3-5 Juli
12. Lomba Menembak, 4-6 Juli
13. Seminar Budaya, 7 Juli
14. Upacara Penutupan, 8 Juli

sumber : http://www.vivaborneo.com/kegiatan-erau-di-11-titik-kota-tenggarong.htm