Jelang Erau Kedaton Bersih

TENGGARONG – , Kedaton Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura kini tampak bersih. Debu, lumut maupun sampah sirna dari tempat budaya itu setelah pihak Kesultanan melakukan aksi bersih bersih selama 3 hari sejak Rabu lalu.

Aksi bersih bersih Kedaton Sultan ini melibatkan sedikitnya 10 pekerja cleaning service. Mereka diarahkan untuk membersihkan tempat itu mulai dari halaman, dinding luar hingga lantai sampai langit langit (plafon-red) bangunan tersebut. Menurut Demong Abdi Dalam yang mengawasi aksi ini pihaknya melibatkan sedikitnya 10 pekerja untuk membersihkan bangunan yang luasnya 30 x 45 meter persegi ini. Menurutnya aksi bersih bersih ini acap dilakukan setiap menjelang Erau, kalau di luar waktu Erau hanya dibersihkan dengan menyapu lantainya saja.

Saat Erau tempat ini (Kedaton-red) akan digunakan Sultan dan kerabatnya untuk menerima tamu kehormatan sambil menikmati hiburan dan jamuan makan yang disediakan keluarga Sultan.

Sementara Menteri Adat Kesultanan Kutai Kartanegara H Aji Pangeran Hario (HAPH) Surya Adi Kesuma saat menyaksikan aksi ini Jumat (22/6) kemarin menuturkan dalam aksi ini pihaknya dibantu cleanning service dari Badan Aset Daerah Pemkab Kukar. Dikatakan aksi ini bukan hanya ditujukan bagi bangunan saja namun hiasan dan ornamen serta perabotan seperti meubel dan ranjang tempat tidur Sultan juga jadi sasaran di bersihkan. Termasuk membenahi jaringan listrik dan aliran air bersih.

“Segala yang merotak (bahasa Kutai artinya Kotor-red) harus berseh (bersih) dan beres sebelum Erau”, demikian ujarnya.(vb/joe)

sumber : http://www.vivaborneo.com/jelang-erau-kedaton-bersih.htm