EURO 2012: INGGRIS VS ITALIA, Skor Tetap 0-0, Pertandingan Dilanjutkan Adu Penalti

JAKARTA: Hingga akhir babak perpanjangan waktu,kedudukan pertandingan Inggris vs Italia tetap 0-0, sehingga harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Sejumlah peluang emas didapat Italia namun gagal berbuah gol. Ketangguhan kiper Guanluigi Buffon juga memaksa penyerang-penyerang Inggris gigitjari karena gagal menceploskan bola.

Dalam pertandingan Inggris melawan Italia di perempat final Piala Eropa 2012, Italia tampak lebih menguasai pertandingan.

Strategi bertahan yang diterapkan oleh Inggris benar-benar enyulitkan para pemain Italia untuk mengembangkan permainan, bahkan Rooney dan Carroll pun turun jauh hingga setengah lapangan.

Berdasarkan data Soccernet, Italia lebih mendominasi penguasaan bola 65% dan Inggris 35%. Italia melakukan 26 kali tendangan kearah gawang, sedangkan Inggris hanya 8 kali.

Sejak menit awal pertandingan, Italia langsung coba menekan sejak awal, Balotelli elepaskan tendangan volley dari luar kotak penalti, namun terlalu lemah dan mudah diantisipasi Joe Hart.

Tak butuh waktu lama bagi Italia untuk mengancam gawang Inggris, kali ini gelandang AS Roma De Rossi melepaskan tembakan keras menit ke-3, hanya saja bola masih membentur tiang gawang!

Menit ke-5, Inggris hampir saja membuka keunggulan! Melalui serangan yang dibangun oleh Johnson, umpan satu duanya dengan Milner berhasil membongkar pertahanan lawan, namun tembakannya berhasil diblok oleh Buffon!

Italia dalam tekanan, kali ini penetrasi Rooney dari sisi kiri hampir mengancam gawang Buffon, beruntung bola sodorannya kepada Welbeck berhasil dipotong oleh Bonucci.

Inggris masih terus mengancam pertahanan Italia, umpan silang terukur Johnson di menit ke-14, berhasil ditanduk oleh Rooney, sayang bola melebar! Buffon tampak kurang puas dengan penampilan rekannya kali ini.

Laga berlangsung cukup menarik di babak pertama, bahkan kedua tim memperoleh peluang emas di lime menit awal melalui De Rossi dan Glen Johnson. Memasuki pertengahan babak, Italia kembali mampu menguasai jalannya pertandingan dengan mengurung pertahanan Inggris yang lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat.

Mario Balotelli yang menjadi tumpuan Prandelli di lini depan Italia telah melewatkan beberapa peluang emas.

Inggris langsung menggebrak di awal babak kedua, seperti yang mereka peragakan di awal babak pertama, hanya saja masih belum berbuah hasil.
Menitke-48, Sebuah peluang emas baru saja dilewatkanDeRossi! Sepakannya di muka gawang Hart masih saja melenceng setelah lolos dari perangkap offside!

Kembali, peluang Italia menit ke-52. Tendangan lemah Balotelli memanfaatkan bola rebound berhasil ditepis oleh Hart, begitu pula sepakan Montolivo di kesempatan kedua masih tipis di atas mistar Inggris!

Sepertinya Prandelli harus melakukan perubahan strategi di lini depan, Balotelli yang memperoleh banyak peluang terlihat kurang mampu untuk memaksimalkan momen tersebut.

Peluang Inggris di menit ke-76. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Gerrard, bola berhasil enjangkau Rooney, namun sayang tandukannya masih bisa ditangkap oleh Buffon!

Menit ke-81,Diamanti Kembali mengancam gawang Inggris! Kali ini melalui tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun bola berhasil diamankan oleh Joe Hart.

Hingga akhir babak ke-2, kedudukan tetap 0-0, sehingga pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2×15 menit.(api)

sumber : http://www.bisnis.com/articles/euro-2012-inggris-vs-italia-skor-tetap-0-0-pertandingan-dilanjutkan-adu-penalti