Tujuh Rumah Warga Tenggarong Ludes Terbakar


LUDES: Tampak sejumlah petugas dibantu warga sekitar berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi, Selasa pagi kemarin.

Tujuh Rumah Warga Tenggarong Ludes Terbakar

TENGGARONG – Sebanyak tujuh rumah milik warga di Gang Ulin, Jalan Ki Hajar Dewantara (Kadewa), Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kukar, ludes terbakar, Selasa (29/5). Akibat kebakaran di pemukiman yang terletak di belakang Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, itu kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting listrik di kediaman milik seorang PNS Pemkab Kutim, Syahbuddin. Saat kebakaran, Syahbuddin sedang yang berada di Kutim, sementara di rumah saat itu hanya ada anaknya.

”Penyebab terjadinya kebakaran, diduga karena koesleting listrik. Api bukan dari atap, melainkan dari bawah yang disebabkan korsleting listrik antara dapur dan kamar,” kata Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana didampingi Kasubag Humas AKP I Nyoman Subrata melalui Kaur Inafis Bripka Dian Heri Wahyudi, kemarin.

Sementara itu, kebakaran yang mengakibatkan puluhan kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal tersebut memang diketahui warga dari rumah Syahbuddin. Ketika itu warga melihat api sudah membesar di bagian atap rumah Syahbuddin dan merambat ke rumah Abdul Rahman alias Daeng, Betsi, I Gusti Made Sadiah, Yuliana Yati, Iyan dan Nana Rosita.

Melihat adanya api, kontan warga langsung berusaha memadamkan dan menghubungi petugas memadamkan kebakaran (PMK). Hingga akhirnya, sebanyak 10 unit PMK, dibantu kendaraan watercanon Polres Kukar, Satpol PP, Kesbangpol dan Linmas serta masyarakat sekitar langsung berusaha memadamkan api tersebut.

Beberapa menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Petugas dari Polres Kukar langsung memasang garis polisi guna dilakukan penyelidikan.”Dari hasil olah tempat kejadian perkara kami mengamankan kabel listrik yang mengalami arching atau korsleting, meteran listrik dan kabel sentral yang menjadi penyebab kebakaran,” papar Dian.

Pantauan di lapangan, pada saat kejadian tampak beberapa warga berusaha menyelamatkan beberapa barang berharga yang bisa diselamatkan. Bahkan, ada seorang nenek yang diperkirakan berusia 60 tahun tak mau meninggalkan rumah.

Pihak keluarganya pun berusaha mengangkatnya secara paksa karena ditakutkan api mengenai rumah mereka. Selain itu, pada saat terjadi kebakaran setidaknya terdengar ledakan yang terjadi beberapa kali. Diduga, ledakan tersebut berasal dari tabung gas elpiji yang terbakar. (bio)

sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/28347/tujuh-rumah-warga-tenggarong-ludes-terbakar.html