Sekda Kukar Tinjau Kesiapan Erau 2012

TENGGARONG- , Menyongsong pesta adat Erau yang akan digelar pada tanggal 1-8 Juli mendatang, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan Rapat persiapan Erau di Ruang Rapat Sekda Kukar sekaligus peninjauan lokasi pelaksanaan Erau tahun 2012, Senin (28/05).Rapat membahas lokasi Erau dan pasar rakyat tersebut di pimpin oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Edy Damansyah dan turut hadir Sekkab HAPM Haryanto Bachroel selaku Ketua Umum Panitia Erau 2012, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Wahyuni, unsur kepanitaan Erau yang merupakan kepala dinas yang terlibat dalam pelaksanaan Erau.
Persiapan kali ini juga dilakukan peninjauan ke lokasi acara yang rencananya akan di gelar di komplek Stadion Rondong Demang Tenggarong. Selain pembukaan seluruh rangkaian acara juga akan dipusatkan di kawasan tersebut termasuk ekpo dan pasar rakyat.
“ Saya berharap dengan pelasanaan Erau kali ini ekonomi kerakyatan bisa berjalan dengan baik” ungkap Haryanto disela-sela peninjauan. Selain itu ia juga berharap Pemkab Kukar melalui Disperindakop dapat menggandeng perusahaan-perusahaan yang ada di Kukar untuk sama-sama mengembangkan ekonomi kerakyatan karena menurutnya saat ini sudah ada beberapa perusaahaan yang melakukan pembinaan ekonomi kreatif kepada masyarakat dan pada Eraulah produk-produk tersebut dapat ditampilkan.
Haryanto juga mengingatkan perlunya kordinasi sebaik-baiknya demi mempersiapkan acara yang spektakuler dan satu hal yang perlu diingat bekerja harus sesuai dan jangan sampai meninbulkan suatu masalah dikemudian hari.
Satu hal terpenting lainnya adalah pelaksanaan Erau adalah sebagai pembuka untuk pelasanaan acara gong perdamaian pada tanggal 23 September mendatang Yang akan di kunjungi oleh 33 propinsi se Indonesia atau sekitar 33 gubernur dan juga raja-raja nusantara baik dalam negri maupun luar negri, untuk itu pelaksanaan erau ini juga sekaligus menjadi momen penting untuk bebenah diri mempersiapkan momen tersebut.
Selain itu masalah yang tak kalah penting dalam pelaksanaan Erau adalah masalah kebersihan juga fasilitas umum seperti wc umum. Haryanto sangat berharap panitia akan mempersiapkan fasilitas tersebut agar masyarakat yang datang ke pesta adat Erau mendapat kenyamanan. (vb/lina)

sumber : http://www.vivaborneo.com/sekda-kukar-tinjau-kesiapan-erau-2012.htm