Pembukaan Erau di Stadion Rondong Demang

Tenggarong-, Guna menyongsong pesta adat, seni dan budaya Erau 2012 yang akan digelar 1-8 Juli mendatang, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi persiapan Erau, Selasa (22/5) di ruang serbaguna kantor Bupati Kukar.

Rapat dipimpin Ketua Umum panitia Erau 2012 HAPM Haryanto Bachroel didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Wahyuni, dihadiri Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf, unsur kepanitaan Erau yang merupakan kepala Satuan Kerja Peragkat Daerah (SKPD), serta pihak perbankan dan perhotelan di Tenggarong.

Pada rapat tersebut dibahas mengenai agenda dan lokasi kegiatan Erau serta persiapan-persiapan pendukung lainnya. Diantaranya yaitu pembukaan Erau akan digelar di Stadion Rondong Demang. Sedangkan acara pendukung lainnya, ditaranya expo dan pasar rakyat yang pada Erau sebelumnya dilaksanakan di kompleks olahraga Aji Imbut Tenggarong Seberang, namun karena ambruknya jembatan Kartanegara, tahun ini dilaksanakan di Tenggarong.

“Jadi semua kegiatan Erau tahun ini dipusatkan di Tenggarong, mulai upacara pembukaan hingga pasar rakyat,” ujar Haryanto yang juga Sekkab Kukar itu.

Haryanto juga mengatakan, meski kehilangan jembatan Kartanegara, pesona Kota Raja Tenggarong tak boleh ikut ambruk. Maka, melalui Erau ini diharapkan menjadi magnet kunjungan wisata ke Tenggarong.

Untuk itu stakeholder terkait pelaksaanaan Erau tahun ini diminta terus semangat untuk mensukseskan event yang menjadi agenda pariwisata tahunan ini.

“Saya ingin ada rapat lanjutan pada koordinator masing-masing bidang kepanitiaan Erau, ini untuk memantapkan persiapan agar pelaksanaannya nanti berjalan sukses,” harapnya.

Sementara HM Ghufron juga mengatakan pelaksanaan Erau harus didukung berbagai pihak, karena merupakan upaya pelestarian budaya.

“Dengan Erau diharapkan pariwisata Kukar dapat bangkit, sehingga mampu meningkatkan konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya. (vb/hayru)

sumber : http://www.vivaborneo.com/pembukaan-erau-di-stadion-rondong-demang.htm