Pulau Kumala Ganti Nama Jadi Fantasy Island


GANTI NAMA: Setelah sekali berganti nama, Pulau Kumala di Tenggarong Kukar kini berganti nama lagi menjadi Fantasy Island atau Pulau Fantasi. Sebelumnya pulau ini bersalin nama dari Pulau Kumala menjadi Pulau Parai Kumala.

Pulau Kumala Ganti Nama Jadi Fantasy Island

TENGGARONG- Setelah sekali berganti nama, Pulau Kumala di Tenggarong Kukar kini berganti nama lagi menjadi Fantasy Island atau Pulau Fantasi. Sebelumnya pulau ini bersalin nama dari Pulau Kumala menjadi Pulau Parai Kumala. Adalah El John, perusahaan pengembang Pulau Kumala yang memutuskan mengganti pulau wisata tersebut untuk dapat lebih menarik pengunjung.

Corporate General Manager El Jhon, Edy Sukamto, mengatakan pihaknya tidak akan menyerah memajukan pulau yang sudah mereka kelola sejak 2009 tersebut. Pihaknya telah beberapa kali melakukan pertemuan di Jakarta dengan manajemen El Jhon. Manajemen menyebutkan akan tetap melanjutkan untuk menjalankan objek wisata yang menjadi ikon kebanggaan Kukar tersebut dengan melakukan pembenahan-pembenahan.

“Kita sudah bahas di Jakarta, dan rencananya mulai Mei ini, kita akan mengkonsep ulang Pulau Parai Kumala menjadi Fantasy Island. Kita harapkan dengan mengubah nama ini akan menambah daya tarik para pengunjung ke pulau,”katanya.

Selain itu Edy yang juga membawahi 80 objek wisata yang tersebar di Kalimantan dan Sumatera tersebut, mengatakan akan mendatangkan dua orang yang diharapkan mampu untuk membantu manajemen untuk dalam meningkatkan pelayanan di Pulau Kumala. Karena rencananya pulau akan dibagi tiga manajemen terpisah antara lain untuk penginapan, resort dan spa, maajemen wahana hiburan dan satu manajemen terbaru adalah agro wisata.

“Satu orang dari Jakarta dan satu orang lagi Surabaya. Untuk yang dari Surabaya kita datangkan untuk membuat agrowisata di sini, dan sekarang lahannya sedang disurvei untuk diketahui cocoknya tanaman apa. Dia akan mendatangkan para petani dari daerahnya untuk bertcocok tanam,” ungkapnya.

Dia juga mengharapkan komitmen pihak Pemkab Kukar yang berencana ingin menambah wahana di pulau tersebut agar bisa memancing pengunjung lebih banyak untuk berkunjung ke Fantasy Islan.

“Seperti proyek taman burung, mohon dilanjutkan pembangunannya. Katanya akan membangun kebun binatang mini dan waterpark di sini,” tambahnya.

Dia juga menyayangkan pihak Pemkab yang tidak mengadakan kegiatan di pulau tersebut. Padahal jika ingin memajukan pariwisata kesayangan Kukar ini, mesti dimulai dari para pejabatnya.

“Selama ini kita banyak mendengar isu yang tidak sedap tentang Pulau Kumala. Tetapi jika pihak pemerintah sering mengadakan kegiatan di sini maka masyarakat tidak akan takut ke pulau,” ketusnya.

Sebelumnya manajemen Pulau Parai Kumala dikabarkan menunggak pembayaran sebagai hasil perjanjian kontrak kepada Pemkab Kukar Rp500. Tetapi selama dua tahun ini pihak pengelola tidak menyetor.

“Iya betul, tapi kami sudah mengajukan surat dispensasi karena anda tahu sendiri banyak karyawan kami yang mengundurkan diri. Kita juga sempat kesulitan menggaji karyawan. Bahkan selama ini kita dipasok dana dari Pusat untuk menutupi kebutuhan di Pulau Kumala,” ungkapnya. (han911)

sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/27299/pulau-kumala-ganti-nama-jadi-fantasy-island–.html