PT MSA Serahkan Bantuan Pemadam Kebakaran Otomatis

TENGGARONG – , Banyaknya perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) yang mengeruk hasil bumi Kukar, baik itu batu bara maupun migas, ternyata masih memperdulikan lingkungan disekitarnya. Salah satu perusahan tersebut, PT Multi Sarana Avindo (MSA) yang beroperasi di Kecamatan Loa Janan.
Senin (2/4) di halaman Kantor Bupati Kukar, menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran otomatis (Elide Fire) kepada Desa Purwajaya dan Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan.
Penyerahan ini diserahkan Hutta Huruq, perwakilan PT MSA kepada masing-masing Kepala Desa (Kades) yakni Kurniawan dan Hariyansyah, disaksikan Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf.
Penyerahan ini juga di hadiri Sekkab Kukar HAMP Haryanto Bachroel, Asisten II Setkab Kukar, Eddy Damansyah, Asisten III Setkab Kukar, HM Syafruddin HS, serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Kukar.
Ghufron Yusuf dalam arahannya mengatakan, Elide Fire atau alat pencegahan kebakaran yang berbentuk bola sangat dipandang perlu, terutama diperuntukkan bagi Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar. “Perlu kami sampaikan kepada PT MSA yang beroperasi di Kecamatan Loa Janan bahwa badan ini baru beberapa bulan dibentuk,” ujar Ghufron.
“Dengan alat ini peran dari BPBD bisa lebih dimaksimalkan dan mengantisipasi kebakaran dini dalam bentuk musibah apapun yang terjadi di Kukar. Bukan hanya kebakaran yang menjadi perhatian tetapi alam Kukar juga memerlukan kewaspadaan kita semua, agar hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya dapat diketahui, diantisipasi serta mengurangi kebakaran yang dampaknya merugikan masyarakat banyak,” ujarnya.
Dalam kesempatan ini, Ghufron juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran PT MSA yang memberikan bantuan tersebut. Kiranya bantuan ini dapat dimamfaatkan, tentunya bagi SKPD terkait (BPBD) Kukar agar tahun depan di masukkan dalam anggaran.
“Apabila alat ini hasilnya efektif dan berdaya guna tidak ada salahnya mengadakan alat ini, khususnya petugas PMK yang memadamkan api memakai alat manual penyemprotan air dengan adanya bantuan alat pemedam kebakaran sistem otomatis (Elide Fire) ini, petugas kita bisa bekerja lebih cepat dan efektif,” tambahnya.
Hutta Huruq mengatakan, Elide Fire adalah system pencegah kebakaran paling efektif dan efisien saat ini. Selain sebagai pencegah, Elide Fire juga sebagai pemadam kebakaran. Elide Fire bekerja otomatis tanpa listrik, baterai, tidak perlu dioperasikan manusia dan tidak memerlukan perawatan sama sekali (Maintenance free) selama 5 tahun.
Elide Fire secara otomatis akan memadamkan jika kontak dengan kobaran api. Elide Fire bekerja 24 jam sehari, 365 hari setahun. Tidak memerlukan training, cukup dipasang di tempat yang diinginkan, baik indoor maupun outdoor.
“Elide Fire adalah penemuan baru hasil riset bertahun-tahun Siam Safety Premier (Thailand) yang telah dipatenkan di seluruh dunia melalui Patent Cooperation Treaty No.PCT/US/2002/025158. Elide Fire diciptakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan pada pemadam kebakaran konvensional dan didesain agar mudah digunakan dengan masa pakai yang sangat lama,” tambah Huruq, dihadapan Wabup Kukar Ghufron Yusuf. (vb/rahman)

sumber : http://www.vivaborneo.com/pt-msa-serahkan-bantuan-pemadam-kebakaran-otomatis.htm