Ketua Penggerak PKK Pusat Kunjungi Kukar

Tenggarong- , “Selamat datang diKutai Kartanegara yang merupakan the Heart of borneo,” ujar Bupati Kukar Rita Widyasari saat menjamu Ketua Umum Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Pusat Hj. Vita Gamawan Fauzi saat acara Welcome party roadshow semarak gotong royong, Kamis (12/4) malam di Pendopo Odah Etam Tenggarong.

Bupati Kukar Rita Widyasari sat memberikan Cindramata kepada Ketua Umum Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Pusat Hj. Vita Gamawan Fauzi saat acara Welcome party roadshow semarak gotong royong
Menurut Rita, belum lengkap rasanya bila berada di Kalimantan tetapi belum berkunjung ke Kutai Kartanegara karena Kukar adalah the Heart of borneo (jantungnya Kalimantan) yang memiliki banyak sekali sejarah dan keunikan lainnya.
Rita juga merasa senang dengan kehadiran ketua umum PKK Vita Gamawan Fauzi karena dengan begitu bisa bertemu, memberi arahan, bertukar pikiran serta saling memberikan informasi demi kemajuan masyarakat dan khususnya kaum wanita di Kukar.
Sesuai visi dan misi Gerbang Raja yang diusung Rita, salah satunya adalah bagaimana perempuan di Kukar lebih sejahtera dan lebih baik. “Secara emosional dan pribadi saya adalah perempuan dan saya punya keinginan kaum perempuan itu maju,” imbuh Rita. Melalui program Gerbang Raja, Rita mencanangkan minimal 2% anggaran dari APBD untuk kemajuan perempuan.
Rita juga sangat berharap tim pengerak PKK dapat mendorong dan memberikan nuansa pembangunan yang baik bagi Kukar. Seorang perempuan harus mempunyai kemampuan dan kemauan untuk maju dan berkembang. Ia sangat yakin bahwa bila seorang perempuan maju dan sejahtera maka keluarganya pun akan sejahtera.
“Menurut saya perempuan produktif bukan wanita-wanita yang baru menikah tetapi wanita produktif adalah wanita-wanita yang sudah memasuki fase melahirkan, menyusui dan membesarkan anak,”ujar Rita.
Hal tersebut merupakan salah satu tantangan bagi Tim penggerak PKK yang sudah pasti mempunyai banyak cara dan usaha dalam mensejaterakan masyarakat karena PKK merupakan motor penggerak baik di perkotaan maupun di pedesaan.
Selain itu, di tempat yang sama Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Hj. Vita Gamawan Fauzi berterimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemerintah Kukar. Ia juga sangat beharap kedatanganya dan rombongan dapat memberikan dampak saling mengisi atara PKK pusat, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.
Dalam roadshow semarak gotong royong kali ini ada 4 lokasi yang akan didatangi yaitu pertama di Kalimantan Timur khusunya Kutai Kartanegara, Propinsi Kepri Kabupaten Bintan, Propinsi Sulawesi Selatan Kabupaten Maros dan Propinsi Bali Kabupaten Badung.
Dengan road show ini, Vita berharap dapat bertukar informasi karena kegiatan ini bukan hanya kegiatan PKK saja tetapi ada kegiatan posyandu, PAUD dan juga kegiatan-kegiatan yang pelaksanaanya dilaksanakan oleh pemberdayaan masyarakat desa yaitu PNPM mandiri perkotaan maupun PNPM pedesaan. Selain itu ia ingin bisa melihat langsung gerakan PKK di seluruh Indonesia dan kemajuan apa saja yang sudah dicapai.
Vita juga sangat bangga dengan Bupati Kukar yang juga seorang perempuan dan memahami seluk beluk keluarga karena masalah yang dihadapi oleh PKK adalah bagaimana mensejahterakan keluarga dengan 10 program pokok yang diusung oleh PKK. Menurut Vita, PKK bukan sembarang organisasi karena PKK merupakan organisasi yang tumbuh dari bawah, dibangun oleh dan dari masyarakat untuk masyarakat. Motor Penggerak PKK adalah kaum perempuan tetapi boleh laki-laki menjadi pengurusnya.
”Saya yakin dengan niat baik akan menjadikan nilai tambah dan ibadahbagi semuanya,” imbuh Vita. Tak lupa pula ia mengucapkan terima kasih kepada para Kader PKK yang sudah bekerja tanpa pamrih membantu masyarakat.
Vita juga sempat menitipkan Tim PKK Kabupaten Kukar kepada Bupati Kukar untuk dapat dibina dan dibantu dalam mensukseskan programnya. Karena kader PKK bisa menjangkau sampai ke akarnya dan beri sedikit perhatian bagi kader-kader PKK yang berprestasi. (vb/lina)

Sumber : http://www.vivaborneo.com/ketua-penggerak-pkk-pusat-kunjungi-kukar.htm