DPRD Minta Pylon Jembatan Segera Dirobohkan

DPRD Minta Pylon Jembatan Segera Dirobohkan

TENGGARONG – Lambatnya proses perobohan pylon bekas jembatan Kartanegara yang sampai saat ini belum juga dilakukan mengundang komentar dari kalangan DPRD. Mereka meminta Pemkab terus berkoordinasi dengan PT Hutama Karya untuk secepatnya melakukan perobohan pylon tersebut, sehingga proses selanjutnya yakni perencanaan pembangunan jembatan pengganti bisa segera dilakukan.

“Kontraktor (PT Hutama Karya,Red) segera mengambil langkah cepat, dengan perancanaan matang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah pylon dirobohkan, Pemkab juga harus segera melaksanakan tender pra FS jembatan pengganti” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kukar Sabir Nawir kepada Koran Kaltim, kemarin.

Pasca runtuhnya jembatan Kartanegara pada 26 November tahun lalu, sampai saat ini masyarakat setiap harinya mengandalkan sarana kapal feri tradisional dan2 kapal feri Roro milik Kementrian Perhubungan yang didatangkan untuk membantu mobilitas penyeberangan warga di Sungai Mahakam dari Tenggarong ke Tenggarong Seberang atau sebalikanya.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kukar Wisaksono Soebagio, menyebutkan sampai saat ini PT Hutama Karya belum terhitung kerja, karena metode perobohan pylon yang ditawarkan masih tahap penyempurnaan, dan rencananya akan ditandatangani tim ahli dari Kementrian Pekerjaan Umum (KemenPU) pusat setelah persentasi dilakukan di Tenggarong.

“Kita belum tahu waktunya, yang pastinya dalam waktu dekat ini, karena masih dalam tahap penyempurnaan. Proses persiapan ini membutuhkan waktu lama ketimbang proses perubuhan pylon karena yang pertama kali dilakukan di Indonesia dan kemungkinan satu atau dua bulan lagi pylon baru dirobohkan,” jelasnya.

Wisaksono juga belum bisa menjelaskan terperinci metode yang telah disepakati 11 tim ahli yang telah dibentuk KementrianPU, seperti dari, ITB, ITS, UGM. UI, BTPP, Bropo Petro-Petro Rangga dan Bina Marga Kukar. (han911)

sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/25770/dprd-minta-pylon-jembatan-segera-dirobohkan.html