Bupati : Wujudkan Kukar Berbasis IT

TENGGARONG – vivaborneo.com, Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari memberikan apresiasi atas ide dan gagasan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika yang melakukan sosialisasi dan pelatihan aplikasi layanan kepemimpinan dan aplikasi publik.
“Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi terus dapat dilanjutkan secara simultan kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar apa yang menjadi harapan kita menghantarkan Kabupaten Kutai Kartanegara berbasis IT menjadi kenyataan yang dicapai,” kata Bupati Rita Widyasari saat membuka sosialisasi dan pelatihan aplikasi kepemerintahan dan aplikasi layanan publik bagi SKPD kecamatan dan SKPD tingkat kabupaten, Rabu (25/4) di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda Tenggarong.
Dikatakan Rita, untuk menjawab tantangan tersebut kita harus mampu membentuk dimensi baru yaitu mengubah paradigma manual ke paradikma yang berbasis elektronik disemua lini pelayanan baik pada sistem manajemen pengelolaan data melalui aplikasi sampai pada proses kerjanya yang transparan dan efisien.
“Tidaklah gampang untuk memulai sesuatu yang baru di tengah-tengah budaya atau kebiasaan dari berlangsungnya sebuah sistim. Artinya, tidaklah mudah untuk merubah sistem yang telah membudaya sedemikian lama, salah satunya dengan mempelajari aplikasi,” katanya.
Terlepas dari ada tidaknya, komitmen lanjut Rita, kita semua sebagai penyelenggara pemerintahan sudah saatnya kita bangun semua aktivitas pelayanan yang berbasis IT, hendaknya disadari bahwa hal positif yang diperoleh dari penyelenggaraan aplikasi.
“Saya berharap dengan dipelajarinya aplikasi ini nantinya dapat memberikan pelayanan yang cepat dan transparan juga akan penghematan anggaran dari biaya pengadaan atau alat tulis kantor, berupa kertas dan tinta,” ujarnya.
Ditambahkan dia, perubahan menuntut kepemerintahan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan tersebut kepada perubahan secara efektif. Pemkab Kukar harus mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang berbeda namun berkaitan erat seperti halnya, masyarakat menuntut pelayanan publik yang dapat memenuhi kepentingan masyarakat luas di semua sektor pelayanan serta masyarakat menginginkan informasi secara transparan sebagaimana yang diatur UU No.14/2008 tentang keterbukaan informasi publik. Demikian katanya. (vb/ir)

sumber : http://www.vivaborneo.com/bupati-wujudkan-kukar-berbasis-it.htm