Bupati Kukar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Loa Duri

TENGGARONG-, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari saat meninjau korban kebakaran di Loa Duri Loa Janan Kukar (23/4) mengatakan, kebakaran terjadi karena kelalaian manusia atau human error, namun hal tersebut dapat diminimalisir apabila kita semua selalu berhati – hati dan saling perduli, hindari sesuatu yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran.
Rita mengucapkan turut berduka atas musibah yang menimpa warga RT. 2 dan 3 desa Loa Duri Ulu tersebut, “Semoga dari kejadian ini ada hikmahnya bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap sekeliling kita yang dapat menimbulkan bencana, baik itu bencana alam maupun kebakaran, seperti yang terjadi saat ini“ imbuhnya.
Pada kesempatan tersebut Rita Juga mengimbau kepada Masyarakat Kutai Kartanegara Umumnya dan Masyarakat Loa Janan khususnya untuk selalu berhati – hati dalam mempergunakan alat – alat yang dapat memicu kebakaran, baik itu alat elektronik, kompor, maupun peralatan listrik lainnya, karena kebakaran satu rumah akan berakibat pada rumah yang lain.
Dalam peninjauan tersebut Rita didampingi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Darmansyah, Kepala Dinas Pendidikan H. Hermawan, Kepala Dinas Cipta Karya Basri Hasan, Camat Loa Janan Mastukah, Anggota DPRD Kukar Isnaini, serta Jajaran SKPD Kukar dan unsure Muspika Kecamatan Loa Janan.
Musibah kebakaran tersebut juga menimpa SD 006 Loa Duri Ulu. Bupati meminta kepada Kepala Dinas Cipta Karya untuk segera membangun kembali gedung sekolah yang terbakar tersebut agar anak didik tidak terlalu lama terganggu aktifitas belajarnya.
“ Silahkan kepala Cipta Karya untuk menulis surat, nanti akan kami bahas di DPR, Karena ini force major tentunya harus dipercepat pembangunannya” tegasnya
Selain menyerahkan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar dan Dinas Sosial (Dinsos) berupa sembako, pakaian, selimut dan tilam, secara pribadi Rita juga memberikan bantuan kepada para korban kebakaran berupa uang tunai sebesar Rp. 150 juta yang diterima oleh Camat Loa Janan Mastukah.
Rita berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dalam pembagian hendaknya dibagi sesuai jumlah jiwa setiap KK nya dengan seadil – adilnya.
“ Bantuan ini jangan dilihat dari besar dan kecilnya, namun hendaknya dilihat bahwa ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat yang mengalami bencana” harapnya.
Sementara itu Camat Loa Janan Mastukah, atas nama masyarakat Loa Janan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rita dan Jajarannya yang telah bersedia meninjau dan menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran, senada apa yang disampaikan Rita, Mastukah berharap sekali pembangunan ruang sekolah yang ikut terbakar hendaknya dapat dilakukan sesegera mungkin.
Menurut Mastukah kebakaran yang terjadi minggu malam (22/4) lalu selain menghanguskan kurang lebih 54 unit rumah, 1 unit bangunan langgar, yang mengakibatkan 91 KK atau sebanyak 435 jiwa kehilangan tempat tinggal, kebakaran itu juga menghanguskan 8 ruang belajar SD 006 yang terletak di lantai 2, sementara lantai 1 aman dari amukan sijago merah, untuk itu Ia berharap adanya tim khusus yang meneliti kelayakan ruang kelas dilantai 1 yang tidak terbakar tersebut layak atau tidak untuk dipergunakan sebagai tempat kegiatan mengajar.
Penyerahan bantuan digelar di Posko bantuan bencana kebakaran yang sekaligus dapur umum dalam suasana penuh kesederhanaan yang disaksikan ratusan masyarakat korban kebakaran, bantuan juga mengalir dari berbagai pihak antara lain, dari Dinsos Propinsi Kaltim, BPBD Kaltim, PT Pama, Anggota DPRD Kukar Isnaini, serta Perusahaan – perusahaan yang ada di Loa Janan, setelah penyerahan bantuan dilanjutkan peninjauan lokasi kebakaran yang letaknya tidak jauh dari Posko. (vb/*)

Sumber : http://www.vivaborneo.com/bupati-kukar-serahkan-bantuan-korban-kebakaran-loa-duri.htm