Balapan Liar, Polres Kukar Sita 19 Unit Sepeda Motor

Balapan Liar, Polres Kukar Sita 19 Unit Sepeda Motor

Jalanan Samping Kantor Bupati Jadi Arena Balap Liar

TENGGARONG – Santernya pemberitaan terkait aktifitas geng motor yang belakangan ini banyak meresahkan warga, menjadi perhatian semua kalangan termasuk pihak kepolisian di Kukar. Buktinya, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Kukar, Sabtu (14/4) malam lalu sekitar pukul 00.00 Wita berhasil mengamankan 19 unit sepeda motor yang digunakan untuk aksi balapan liar. Ke 19 sepeda motor tersebut disita saat pemiliknya sedang menggelar balapan liar di jalanan samping kantor bupati Kukar yang memang sepi.

” Saat ini semua sepeda motor kami amankan di kantor Satlantas Polres Kukar,” kata Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana didampingi Kasat Lantas AKP Yovan Fatika melalui Kasubag Humas AKP I Nyoman Subrata, Minggu (15/4) kemarin.

Informasi yang dihimpun Koran Kaltim, dalam operasi penindakan aksi balapan liar ini, setidaknya pihak kepolisian menurunkan sebanyak 35 personel gabungan Satlantas, Reskrim dan Intelkam yang dipimpin langsung Kasat Lantas.

Dan upaya agar para pemuda yang kerap melakukan balapan liar tidak berhasil melarikan diri, polisi melakukan penutupan semua akses jalan. Bahkan, ada salah satu pembalap yang bersembunyi disemak-semak lantaran takut ditangkap. ” Semua jalur kita tutup, dari simpang tiga dekat Dinas pendidikan (Disdik) hingga jalur menuju lokasi perkantoran bupati. Banyak yang berhasil diamankan,” ujar Yovan.

Penindakan terhadap aksi balapan liar ini, ungkap Yovan, karena banyaknya keluhan masyarakat yang merasa terganggu dengan ulah para pembalap liar tersebut. Selain membuat keributan akibat knalpot racingnya, ulah para pembalar kerap membahayakan para pengguna jalan lainnya.” Sudah sering kita ingatkan agar jangan melakukan balapan liar dijalur umum dan terus kita tindak. Bahkan, kami juga mengingatkan kepada mereka kalau bisa bertanding diroad race atau dilokasi yang tidak dilalui pengguna jalan lain, sehingga tidak membahayakan yang lainnya,” paparnya.

Usai semua kendaraan berhasil diamankan, semua pemuda yang melakukan balapan liar dan diberikan pembinaan. Sementara sepeda motornya diamankan dan disita.” Mereka semua akan dijerat dengan pasap 297 Ayat (1) UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan pidana kurungan setahun dan denda Rp 3 juta,” pungkasnya. (bio)

sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/26470/balapan-liar-polres-kukar-sita-19-unit-sepeda-motor.html