100 Unit Rumah Tak Layak Huni Dibedah Tahun Ini

100 Unit Rumah Tak Layak Huni Dibedah Tahun Ini

Setiap Rumah Dialokasikan Dana Rp50 Juta

TENGGARONG – Sebanyak 100 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di 6 kecamatan akan diprioritaskan untuk masuk dalam program bedah rumah pada tahun ini. Adapun 6 kecamatan dimaksud yakni Kota Bangun, Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong Seberang, Sebulu dan Tenggarong.

Program ini merupakan ide cemerlang Bupati Kukar, Rita Widyasari seperti tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbud) Nomor 46 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kukar yang dananya berasal dari APBD murni 2012.

Kepala Dinas Sosial Kukar, Mursito didampingi Kabid Kesejahteraan Sosial, Marmadi melalui Kasi Informasi Kesejahteraan Sosial, Sri Haryadi mengatakan, rincian jumlah rumah tak layak huni yang akan dibedah tahun ini adalah 16 unit rumah di Tenggarong, 16 unit di Loa Kulu, 17 unit di Loa Janan, 17 unit di Tenggarong Seberang, 17 unit di Sebulu, dan 17 unit di Kota Bangun.

Dikatakan Sri, 100 unit rumah yang akan dibedah ini adalah hasil seleksi dari 572 rumah yang masuk dalam pemetaan dan dilakukan Dinsos pada 2011 lalu.“Tahun ini, 100 rumah tersebut di prioritaskan karena kondisi rumah rusak berat. Dimana atap, dinding, lantai, jendela mengalami kerusakan cukup parah,” tuturnya.

Data itu juga jelasnya merupakan hasil singkronisasi antara data dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan peninjauan langsung oleh tim verifikasi yang terdiri dari Dinsos, Kodim 0906/Tgr, Bapemas dan Pemdes, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, dan Dinas Cipta Karya.

Dalam program ini nanti, setiap rumah akan dialokasikan dana Rp50 juta untuk rehabilitasi atau perbaikan. Namun dia menjelaskan, program bedah rumah yang akan dilaksanakan Pemkab ini tidak sama dengan program bedah rumah yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta, karena hanya akan dilakukan rehabilitasi atau perbaikan rumah, baik atap, dinding, jendela atau fentilasi, dan bukan renovasi rumah. (ami911)

sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/26077/100-unit-rumah-tak-layak-huni-dibedah-tahun-ini–.html