Sudah Tiga Kali Surati DPU Kaltim Terkait Kerusakan Jalan

Sudah Tiga Kali Surati DPU Kaltim Terkait Kerusakan Jalan

TENGGARONG – Hingga saat ini jalan poros dari perbatasan Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu menuju Loa Janan belum ada tanda akan diperbaiki. Padahal, kerusakan jalan Negara tersebut sudah sangat parah, terlebih pasca runtuhnya jembatan Kartanegara pada 26 Nopember lalu yang membuat jalur tersebut juga sebagai salah satu alternative warga untuk ke ke ibukota provinsi yakni Samarinda dan sebaliknya.
Sejumlah truk berbadan besar juga kerap lalu lalang di jalan padat penduduk itu, dan rawan terjadi kecelakaan karena badan jalan berlubang dan sempit ketika kendaraan saling berpapasan.
Terkait hal itu Camat Loa Janan Abran menuturkan, jalan poros tersebut rencananya akan dilakukan perawatan berupa penutupan lubang di badan jalan. “Saya diberitahukan salah satu staf Dinas PU Kaltim bahwa jalan poros itu akan dilakukan perbaikan DPU Kaltim sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah,” katanya.
Selain dilakukan perawatan berupa penutupan lubang disepanjang jalan poros sepanjang 30 kilometer lebih ini, jalan tersebut akan diperlebaran di kedua sisi jalannya. “Saat ini, jalan poros dari Loa Janan hingga Tenggarong hanya memiliki lebar empat setengah meter saja, itu akan dilakukan pelebaran dimana di kedua sisi akan ditambah satu meter,” ujarnya.
Dikatakannya, jalur tersebut terakhir kali diperbaiki pada saat Kukar menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Juni tahun lalu, dimana perbaikannya bekerja-sama perusahaan setempat.
Sementara Camat Loa Kulu, Hj Rusmina mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke DPU provinsi dan DPU Kukar, namun belum ada tanggapan kapan jalan ini akan diperbaiki. “Seingat saya itu (menyurati) sudah tiga kali dilakukan dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda lain akan dilakukan perbaikan atau perawatan oleh Pemprov,” ucapnya. (ami911)

Sumber : http://www.korankaltim.co.id/read/news/2012/25534/sudah-tiga-kali-surati-dpu-kaltim-terkait-kerusakan-jalan.html