Efisienkan Anggaran Perjalanan Dinas

Efisienkan Anggaran Perjalanan Dinas
Imbauan untuk Kabag dan Kepala SKPD

TENGGARONG –Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pengguna Anggaran (PA), dapat melakukan efisiensi dan rasionalisasi anggaran perjalanan dinas, serta biaya–biaya bimbingan teknik (Bimtek) atau pelatihan.
Penekanan ini disampaikan Asisten II Sekkab Bidang Ekonomi dan Pembangunan Edi Damansyah saat memimpin apel pagi di halaman kantor Bupati, Selasa (27/3) kemarin.
Menurut Edi, sesuai rapat koordinasi yang diarahkan Sekkab Haryanto Bachroel beberapa waktu yang lalu, diakui bahwa perjalanan penyusunan anggaran tahun 2012 proses asistensinya belum berjalan optimal. Ada beberapa kegiatan belum dilakukan secara detail proses asistensinya, sehingga beberapa kegiatan khususnya perjalanan dinas keluar daerah dan pelatihan–pelatihan perlu dilakukan rasionalisasi.
Untuk itu kepada kepala SKPD dan kabag di 12 bagian SKPD Sekretariat selaku KPA dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), apabila dalam kegiatan terdapat hal–hal yang kurang rasional, diharapkan untuk dilakukan rasionalisasi. Ini guna efisiensi anggaran. “Tolong diubah mindset kita selama ini, Jangan hanya mengejar pertanggungjawaban atau SPJ dari kegiatan tersebut, tapi dari sisi esensi kegiatan dalam perjalanannya hendaknya dilakukan rasionalisasi,” pesan Edi.
Rasionalisasi ini selanjutnya akan dihimpun dalam anggaran perubahan yang akan disusun dalam waktu mendatang, guna menanggulangi beberapa kegiatan yang belum teralokasi pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Di mana salah satu poinnya terkait tunjangan perbaikan penghasilan atau insentif yang diusulkan naik.
Edi juga menyampaikan Uang Persediaan (UP) telah didistribusikan ke SKPD dan 12 bagian di sekretariat, maka dengan dibagikannya UP tersebut diharapkan kegiatan–kegiatan segera dapat dilaksanakan. (hmp12)

sumber : http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=130407