utang-indonesia-nyaris-tembus-rp-5-ribu-triliun-begini-komposisinya

Posted On March 22, 2018 By In BEKIAS KEDIP MATA And 302 Views

Utang Indonesia Nyaris Tembus Rp 5 Ribu Triliun, Begini Komposisinya

PROKAL.CO, class=”first-paragraph”>JAKARTA- Bank Indonesia (BI) mencatat utang Indonesia hingga Januari 2018 sebesar USD 357,5 miliar atau sebesar Rp 4.897,7 triliun (kurs Rp 13.700). Dari angka tersebut, utang bank sentral dan pemerintah sebesar USD 183,4 miliar atau sebesar Rp 2.512,5 triliun serta utang swasta sebesar USD 174,2 miliar atau Rp 2.386,5 triliun.

Diberitakan JawaPos.com, Deputi Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia Tutuk Cahyono mengatakan, pertumbuhan utang Indonesia tercatat stabil di angka 10,3 persen. Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebutuhan dalam pembiayaan proyek infrastruktur dan sektor produktif lainnya.

“Sumbernya sampai akhir Januari 2018 dari pertumbuhan ULN sektor swasta sebesar 6,8 persen (yoy) dan ULN sektor pemerintah dan bank sentral sebesar 13,7 persen,” ujarnya kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Kamis (15/3).

Dia menjelaskan, seluruh utang Indonesia merupakan utang jangka panjang. Tercatat, utang jangka panjang Indonesia sebesar 85,9 persen atau sekitar USD 307,2 miliar. Sementara utang jangka pendeknya mencapai USD 50,3 miliar atau 14,1 persen.

“Komposisi periode pinjaman dari waktu ke waktu, yang terus meningkat itu ULN jangka panjang. Dan secara berkesinambungan memang mostly jangka panjang yang jadi jenis utang kita,” jelas dia.

Diskusi soal utang Indonesia di Gedung Bank Indonesia (Dok. Hana Adi?JawaPos.com)

Tutuk menyebut utang Indonesia saat ini masih dalam kondisi aman. “Hal itu tercermin dari dominasi ULN pemerintah dan bank sentral yang tercatat 98,1 persen dari komposisi utang jangka panjang. Jadi hampir 100 persen jangka panjang,” jelasnya.

Secara rasio, utang luar negeri Indonesia mencapai 34,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Angka itu pun diklaim masih lebih baik dibanding beberapa negara lainnya.

Dia mencontohkan, Malaysia adalah salah satu negara yang memiliki rasio utang luar negeri tinggi, yakni 68 persen. Hanya saja, rasio utang Indonesia tidak lebih baik dari Thailand yang sebesar 33,9 persen.

“Posisi Indonesia di antara negara peer group countries yang punya klasifikasi yang sama. External debt to GDP kita skitar 34,7 persen, Indonesia masih lebih baik dari Malaysia. Kita kurang lebih sama dengan Thailand,” pungkasnya. (hap/JPC)

Sumber : http://kaltim.prokal.co/read/news/326836-utang-indonesia-nyaris-tembus-rp-5-ribu-triliun-begini-komposisinya.html

About