Posted On January 27, 2016 By In BEKIAS KEDIP MATA, Informasi Penting And 747 Views

Kukar akan Perjuangkan DAU

Kemampuan APBD Mengalami Penurunan

TENGGARONG- Kemampuan fiskal yang mengalami penurunan di tahun ini membuat Kukar berpeluang mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat. Namun, untuk mendapatkan DAU harus menjalani proses yang cukup panjang. Butuh perjuangan datang ke kementrian keuangan (Kemenkeu) dan bernegosiasi sehingga Pemerintah Pusat akan membahasnya di APBN Perubahan 2016.
“ Kemampuan keuangan Kukar dalam membiayaai pembangunannya di tahun ini sedang mengalami penurunan, Kukar berpotensi mendapatkan DAU dari pusat, “ kata Pengamat Ekonomi Universitas Kutai Kartanegara(Unikarta) Tenggarong, Heru Suprapto, kepada Koran Kaltim, Selasa(26/1).
Pertimbangan pusat memberikan DAU kepada daerah adalah melihat kemampuan keuangan yang dialami daerah dengan struktur APBD mengalami penurunan. Jika kemampuan keuangan daerah cukup kuat, maka DAU tidak akan diberikan. Kukar sendiri tidak mendapatkan DAU pada tahun 2014 dan 2015. Pada tahun tersebut APBD Kukar lumayan besar. “ Kalau APBD Kukar besar maka tidak akan mendapatkan DAU, jika APBD Kukar kecil maka dipastikan mendapatkan DAU. Biasanya nilai DAU yang diterima juga tidak terlalu besar, “ katanya.
Sementara itu, Pj Bupati Kukar, Chairil Anwar mengatakan, dengan kondisi keuangan mengalami penurunan pendapatan dari Dana Bagi Hasil (DBH), maka Pemkab Kukar berencana memperjuangkan DAU. DAU akan digunakan untuk membantu pembiayaan pemkab Kukar seperti belanja pegawai atau belanja publik lainnya yang krusial.
“DBH yang diterima Kukar tahun ini, mengalami penurunan yang cukup signifikan, memungkinkan untuk mengajukan DAU ke pusat untuk tahun ini, “ ujarnya.
Diketahui, Kukar yang biasanya mendapatkan DBH dari pusat sekitar Rp 4,8 triliun per tahun, diperkirakan tahun ini hanya mendapatkan jatah sebesar Rp 3,2 triliun. Selain itu, Pemkab Kukar sedang berhutang kepada kontraktor yang telah menyelesaikan proyek 2015 sebesar Rp 546 miliar. “Hutang Pemkab Kukar kepada kontraktor pasti dibayar tahun ini, “ kata Chairil. (Ran415)

Sumber : http://www.korankaltim.com/kukar-perjuangkan-dau/

About