jokowi-2018-jalan-tol-harus-rampung

Posted On July 14, 2017 By In BEKIAS KEDIP MATA And 839 Views

Jokowi: 2018, Jalan Tol Harus Rampung

Setelah Balikpapan-Samarida, Bangun sampai Bontang


PROKAL.CO, BALIKPAPAN – Kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo ke Balikpapan membawa “angin segar” untuk percepatan progres pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda.
Jalan bebas hambatan sepanjang 99,35 kilometer yang memiliki nilai investasi Rp 9,97 triliun tersebut langsung ditarget rampung pada Desember 2018.
“Ngebut banget ini sudah, pokoknya saya berikan target akhir 2018 harus rampung tol ini,” tegas Jokowi saat meninjau Jembatan Manggar kawasan tol Balikpapan-Samarinda, Km 13 Karang Joang Balikpapan Utara Kamis (13/7) siang.

Jokowi membeberkan, secara fisik dan kontruksi sudah 25 persen. Sedangkan pembebasan lahan sudah selesai 92 persen. Tinggal delapan persen lagi yang harus dituntaskan kabupaten/kota dibawah koordinasi Pemprov Kaltim.

“Dengan progres ini, artinya di lapangan tidak ada masalah. Kita harapkan selanjutnya pembangunan dari Samarinda akan diteruskan lagi sampai Bontang,” pintanya.
Sementara itu, Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak mengaku, persoalan pembebasan lahan dinilai kasuistik. Pihaknya menyelesaikan dengan cara konsinyasi.
“Memang masalah kasuistik kita sudah melakukan konsinyasi biaya di Pengadilan. Jadi sudah dalam proses di Pengadilan, terima atau tidak silahkan masyarakat boleh menempuh jalur hukum,” kata Awang.

Dirinya mengklaim sudah sesuai jalur hukum sehingga dipastikan tidak ada yang menyoal terkait pembebasan lahan.
“Tapi kita sudah menggunakan undang -undang baru untuk kepentingan umum. Jadi pada dasarnya tidak ada masalah lagi,” akunya.

Selain lintasan jalan tol yang melewati kawasan pertambangan, lanjut Awang juga diklaim tidak ada masalah di mana sudah ada perjanjian dengan para perusahaan tambang.
“Sementara yang ada tambang sudah ada pernyataan dari perusahaan tambang itu untuk mempersilahkan dibangun jalan tol. Hanya saja mereka diperbolehkan membangun underpas atau flyover. Itu juga tidak ada masalah sudah ada pernyataan dari masing-masing perusahaan batu bara,” bebernya.

Gubernur dua periode ini juga sudah memerintahkan kepada wali kota Balikpapan, wali kota Samarinda, dan bupati Kukar untuk menyelesaikan persoalan pertanahan tersebut.
“Saya kira itu ada datanya di BPN. Tetapi masing masing wali kota Balikpapan, Samarinda dan bupati Kukar sudah menyelesaikannya . Saya kira semuanya sudah sesuai ketentuan NJOP,” pungkas Awang. (tur)

Sumber : http://balikpapan.prokal.co/read/news/215881-jokowi-2018-jalan-tol-harus-rampung

About