subiyanto-jabat-pangdam-vimulawarman - Copy

Posted On March 22, 2018 By In Berita, Informasi Penting And 156 Views

Ini Dia Pangdam VI/Mulawarman yang Baru


SELAMAT DATANG: Pangdam VI/Mulawarman yang baru, Brigjen TNI Subiyanto, mendapat sambutan pedang pora di Makodam, kemarin.(paksi sandang prabowo/kp)

PROKAL.CO, BALIKPAPAN – Pucuk kepemimpinan di lingkungan Kodam VI/Mulawarman berubah. Mayjen TNI Sonhadji akan digantikan Brigjen TNI Subiyanto mulai Selasa (20/3).

Penyambutan kemarin dilakukan di area Makodam VI/Mulawarman. Pangdam disambut penuh sukacita oleh ratusan prajurit.

Usai mendapat kalungan bunga, Subiyanto terus melangkahkan kaki melewati barisan pedang pora. Serta sorak-sorai prajurit yang telah menanti selama sejam dengan menyanyikan lagu Selamat Datang Pahlawan Muda diiringi Korps Musik dari Yonzipur 17/Ananta Dharma.

Menaiki anak tangga, Mayjen TNI Sonhadji beserta istri, Ossy, menerima langsung. Senyum dan pelukan hangat menyambut calon pangdam baru tersebut. Kedua jenderal lalu memasuki Aula Kodam VI/ Mulawarman untuk mengikuti upacara prosesi penciuman pataka. “Saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung dalam keluarga Kodam VI/Mulawarman,” ujar Mayjen TNI Sonhadji.

Setelah satu tahun lima belas hari menjadi Pangdam VI Mulawarman, kini Mayjen TNI Sonhadji akan mengemban tugas baru. Ia akan menjadi pengampu bidang strategi dan ketahanan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Banyak kesan yang dirasakan Mayjen TNI Sonhadji. Sang jenderal bintang dua mengatakan, Kaltim memiliki masyarakat yang heterogen. Begitu ramah dan kondusif, itu pula yang dirasakannya kala datang ke Balikpapan. “Seperti yang dikatakan gubernur, Kaltim merupakan miniatur dari Indonesia. Banyak orang dari daerah lain datang, namun tetap mampu menjaga kondusivitas,” tuturnya.

Kepada calon pangdam baru, Sonhadji berharap dapat terus menjaga suasana tersebut. Untuk PR, ia menyebut ada gelaran pilkada serentak yang mesti diperhatikan. Totalitas, karena TNI siap mendukung polisi dan mem-backup dua per tiga kekuatan. “Sejak Pemilu 1999 hingga sekarang tidak ada masalah, kita all out, dan siap menyukseskan pilkada serentak,” imbuhnya.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman yang baru, Brigjen TNI Subiyanto sendiri dulu pernah bertugas sebagai Kasdam VI Mulawarman pada tahun 2016 lalu. Ia juga pernah memangku jabatan Dandim di Tarakan dan Samarinda. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Aspers Kasad ini sudah tentu paham kondisi Kaltim. “Sejauh ini pun tidak ada permasalahan menonjol (di Kaltim) yang sampai ke pusat. Dan ya, seperti pulang kampung kembali, mungkin karena sering minum air Mahakam,” celetuknya. Serah terima jabatan Pangdam VI/Mulawarman resmi dilaksanakan pada Kamis (22/3) mendatang. (*/lil/one/k15)

Sumber : http://kaltim.prokal.co/read/news/326743-ini-dia-pangdam-vimulawarman-yang-baru.html

About