Posted On February 19, 2012 By In BEKIAS KEDIP MATA And 574 Views

PENTINGNYA PENETAPAN TARGET PERDA RTRW

Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Imam Santoso Ernawi menegaskan bahwa direktorat-direktorat pembinaan seyogyanya membuat rencana target penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) menjadi peraturan daerah (perda). Hal tersebut disampaikan Imam dalam acara “Rapat Koordinasi Project Management Unit (PMU) Kegiatan Pendampingan Percepatan Penyusunan/Revisi Raperda RTRW Kabupaten/Kota” di Jakarta, Selasa (21/2).

Lebih lanjut Imam mengungkapkan, rencana target penetapan RTRW menjadi perda tersebut harus disepakati terlebih dahulu dengan pemerintah daerah (pemda). Harapannya, rencana target untuk masing-masing provinsi/kabupaten/kota tersebut sudah dapat disampaikan oleh masing-masing Penanggung Jawab Direktorat (PJD) dalam rapat koordinasi PMU yang akan datang.

Terkait proses percepatan penetapan Perda RTRW, Imam menjelaskan, masih ditemui berbagai kendala yang dihadapi, khususnya terkait permasalahan kehutanan. Untuk mengatasinya, Imam menegaskan perlunya standarisasi penyelesaian masalah-masalah tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang dan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN). Ditargetkan, RTRW provinsi/kabupaten/kota sudah dapat ditetapkan menjadi perda pada tahun 2012.

“Pentingnya pula Direktorat Jenderal Penataan Ruang memiliki himpunan perda beserta lampiran peta seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berdasarkan RTRW,” tegas Imam.

Sebagai penutup, Imam kembali menegaskan perlunya keseragaman penanganan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses percepatan penetapan Perda RTRW. Jika diperlukan, akan disusun handbook/manual tentang bagaimana menetapkan perda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(al/nik/ifn)

Pusat Komunikasi Publik

230212

About