Cegah Golput, Gelar Pendidikan Politik

Desk Pilkada Sosialisasi Pilgub bagi Pemilih Pemula

TENGGARONG- Persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kalimantan Timur 2013 di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) mulai dilakukan akhir April ini. Diawali dengan sosialisasi Pilgub bagi pemilih pemula di empat dari 18 kecamatan di daerah ini.
Di Kukar, Pilgub yang dijadwalkan berlangsung 10 September mendatang telah dipersiapkan dengan beberapa agenda kegiatan, termasuk di antaranya sosialisasi. Sosialisasi Pilgub diawali di empat kecamatan, yaitu satu di wilayah hulu dan tiga lainnya di wilayah Kukar pantai. Untuk wilayah hulu dipilih Kecamatan Muara Muntai, sedangkan di Kukar pantai adalah Samboja, Muara Jawa, dan Muara Badak.
Menurut Ketua Desk Pilkada Gubernur Kaltim Kukar, Drs Damansyah, diwakili Ketua Harian Drs H Fatekur Rochman MAP saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/4), mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi Pilgub bagi pemilih pemula ini dilakukan bagi mereka yang sudah mencapai umur 17 tahun pada 10 September. “Sehingga mereka memiliki hak suara yang perlu diakomodasi,” ujarnya.
Fatekur yang juga menjabat kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Masyarakat (Kesbangpolmas) Kukar menambahkan, sosialisasi dimaksudkan untuk meminimalisasi golongan putih (golput) sekaligus sarana pendidikan politik bagi masyarakat.
Dikatakan, setelah menuntaskan sosialisasi bagi pemilih pemula di empat kecamatan, akan dilanjutkan di empat kecamatan lainnya. Sehingga, secara bertahap sosialisasi pemilih pemula ini dapat diselesaikan di seluruh kecamatan se-Kukar. “Sebelumnya, pada bulan Februari hingga Maret lalu, kami juga telah melakukan sosialisasi tentang tahapan Pilgub Kaltim 2013 di kecamatan se-Kukar,” kata dia.
Sementara, Kepala Sub Bidang Fasilitas Parpol dan Pemilu Kesbangpolmas Sutrisno SSos, yang mendampingi Fatekur, menambahkan untuk penyampaian materi pada sosialisasi ini pihaknya menggandeng anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar dan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kukar, dan instansi terkait lainnya. Sedangkan jumlah peserta di setiap kecamatan minimal 90 hingga 110 pemilih pemula. “Sosialisasi pemilih pemula tahap I ini diawali di Kecamatan Muara Badak pada tanggal 20 April mendatang,” demikian Sutrisno. (hmp4/zal)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/18380/cegah-golput-gelar-pendidikan-politik.html